Mohon tunggu...
KKN 135 Darungan
KKN 135 Darungan Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN KOLABORASI JEMBER #2 TAHUN 2023

Pemaksimalan Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan SDGs Desa di Kabupaten Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dukung UMKM Kopi, Mahasiswa KKN 135 Darungan Bantu Maksimalkan Pemasaran Melalui Media Online

30 Juli 2023   14:45 Diperbarui: 9 Agustus 2023   09:21 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(UMKM Kopi 'Izza Coffee'. Sumber dokumentasi Melik)

Mahasiswa KKN Kolaboratif mengunjungi UMKM kopi pada kamis (27/7/2023) yang berlokasi di Dusun Jumbatan, Desa Darungan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember. Kunjungan kali ini didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (Rida Darotin, S.Kep., Ns., M.Kep) karena melihat potensi perekonomian Desa Darungan bisa terangkat oleh salah satu komoditas yaitu perkebunan kopi.

Izza Coffee merupakan UMKM kopi yang terkenal di daerah Darungan, memproduksi beberapa jenis kopi diantaranya seperti Arabica, Robusta dan Excelsa dengan berbagai metode yang memiliki alur proses berbeda seperti natural, semi wash, full wash, serta wine. Biji kopi yang diproses berasal dari petani-petani kopi di sekitar rumah produksi ataupun dari kebun pemilik untuk selanjutnya dilakukan sortasi biji yang berwarna merah saja.

(Varian 'Izza Coffee'. Sumber dokumentasi Melik)
(Varian 'Izza Coffee'. Sumber dokumentasi Melik)

“Kopi paling enak memiliki proses penjemurannya satu jam setiap hari hingga mencapai durasi penjemuran 6 jam, tergantung kualitas kopi yang diinginkan” ujar pemilik UMKM Izza Coffe, bapak Saiful. Ketika kopi sudah masuk proses pemanggangan, kopi tidak boleh asal panggang karena menyebabkan rasa kopi menjadi lebih pahit. Penggunaan alat roaster yang tersedia bisa mencapai kapasitas 10 kg dengan pemanasan selama 7 menit. Setelah proses roasting selesai, kopi tersebut dibiarkan selama 2 menit hingga terasa dingin. Untuk pengemasan tergantung pemesanan konsumen baik dalam bentuk roasted bean ataupun kopi bubuk.

Selama ini proses pemasaran melalui media online hanya melalui akun media sosial Instagram saja yang terakhir dikelola sekitar beberapa bulan lalu. Pemilik UMKM hanya mengandalkan pembeli yang datang secara langsung, melalui contact person ataupun warga sekitar yang berdampak pada peningkatan pendapatan UMKM kopi. Dengan adanya kunjungan ini diharapkan agar mahasiswa KKN kolaboratif kelompok 135 turut membantu mempromosikan kembali produk UMKM Izza coffee melalui berbagai media sosial seperti youtube, Instagram, serta tiktok untuk mencapai jangkauan konsumen lebih luas.

Ditulis dan disusun oleh:

Melik T. Dikari

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun