Mohon tunggu...
MEIDY BERLIANSALSABILLA
MEIDY BERLIANSALSABILLA Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN 11 SUKOSARI KABUPATEN JEMBER

KKN KELOMPOK 11 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penerapan Digitalisai Marketing UMKM Pande Besi melalui Media Sosial dan Ecommerce di Desa Sukosasi, Kabupaten Jember

28 Februari 2022   23:35 Diperbarui: 28 Februari 2022   23:56 437
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
tangkap layar pribadi

Pande Besi merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di desa Sukosari, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember. Disebut Pande Besi karena orang yang pekerjaannya membuat alat-alat dari besi atau baja, seperti arit, bedho, bapang, kapak, pisau dll.

Bahan utama yang dipakai oleh pengrajin yaitu: besi pir, besi mentah, baja dan kayu. Dalam proses pengolahannya dilakukan dengan beberapa tahapan, tahap pertama proses pemanggangan bahan mentah, kemudian dilanjutkan dengan mengikir, proses pembentukan dan masih banyak proses pengolahan lainnya, sehingga menjadi suatu produk siap pakai dan layak untuk dipasarkan. 

Usaha Pande Besi ini berdiri sejak tahun 1959, awal mula memasarkan produknya dilakukan dengan menawarkan kepada tetangga, hingga saat ini memiliki banyak konsumen. Kelompok 11 KKN Sukosari berinisiatif untuk melakukan kegiatan eksplorasi terhadap UMKM Pande Besi. 

Setelah dilakukan kegiatan eksplorasi melalui wawancara kepada ownernya, KKN 11 memiliki beberapa inovasi dalam mengembangkan UMKM Pandai Besi salah satunya ialah inovasi mengembangkan Digital Marketing Usaha. Tujuan dari kegiatan tersebut ialah sebagai bahan observasi yang berguna untuk membantu pelaku UMKM dalam hal memasarkan Produk. 

Tujuan dari Program Kerja Eksplorasi UMKM ini tentunya untuk membantu pelaku UMKM dalam hal memasarkan Produk. Bantuan yang diberikan yaitu berupa teknologi digital marketing, melalui internet seperti E-Commerce dan media sosial. Penggunaan aplikasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan penjualan serta penghasilan yang akan diperoleh UMKM Pande Besi di Desa Sukosari. Strategi yang akan diterapkan dalam melaksanakan konsep digitalisasi marketing. 

Strategi yang dilakukan yakni dengan membuat akun Shopee khusus untuk memasarkan produk tersebut. Kedua, mendesain tampilan produk yang menarik untuk diunggah di Shopee. Ketiga, kami mempromosikan hasil desain produk pada akun Shopee yang berguna memperluas jangkauan serta meningkatkan omset penjual. Memberikan deskripsi produk lengkap dan jelas seperti harga, alamat dan sebagainya. Untuk memudahkan pemesanan produk secara online. Dengan adanya program digitalisasi marketing, tim KKN 11 Sukosari berharap dapat membantu Cak Satun selaku pemilik usaha (Owner) Pande Besi dalam meningkatkan penjualan produk yang sudah lama diproduksi dan menjadi UMKM yang lebih berkembang dan maju.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun