Branding Logo
Mahasiswa KKN kelompok 5 dari Universitas Jember sebelumnya telah memperkenalkan sebuah pruduk es krim berbahan dasar semangka. Kegiatan kami dilanjutkan dengan pembuatan merek dan juga Logo untuk pruduk tersebut. Adapun merek yang kami berikan dengan nama "GIZIMOO". Nama produk tersebut memiliki kepanjangan “GIZI baik untuk MOO”, logo ini merupakan hasil rundingan dari ide kreatif mahasiswa, yang berusaha menciptakan identitas visual yang khas dan mudah dikenal. Dengan mengedepankan elemen dari bahan-bahan yang digunakan dengan penggunaan warna sesuai bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan. Kami menyusun desain yang tidak hanya modern tetapi juga penuh dengan nilai tradisional yang diharapkan dapat mengangkat pamor dari produk tersebut. Hadirnya logo merek GIZIMOO, diharapkan produk yang dibuat di desa Kepanjen ini bisa lebih dikenal secara luas, baik oleh masyarakat lokal maupun luar daerah. Logo ini juga menjadi langkah awal bagi warga desa dalam melakukan promosi dan pemasaran produk-produk unggulan mereka. Inisiatif ini diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian desa Kepanjen dan memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakatnya.
Kaderisasi
Mahasiswa KKN kelompok 5 dari Universitas Jember, bekerja sama dengan ibu-ibu PKK Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Jember, Jawa Timur, telah melaksanakan program kaderisasi pembuatan produk es krim semangka. Program ini bertujuan untuk memberikan alternatif makanan tambahan bergizi untuk posyandu sekaligus memberdayakan ibu-ibu PKK dalam mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan inovasi ini, mereka berharap dapat meningkatkan gizi anak-anak dan membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat desa. Dalam upaya membangun UMKM, program ini juga mencakup pelatihan manajemen usaha yang meliputi strategi pemasaran, pengelolaan keuangan, serta penggunaan media sosial untuk promosi produk. Mahasiswa KKN membantu ibu-ibu PKK untuk memahami aspek-aspek penting dalam menjalankan usaha kecil, seperti penentuan harga jual yang kompetitif dan pengelolaan stok. Dengan pengetahuan dan keterampilan baru ini, ibu-ibu PKK diharapkan dapat mengembangkan usaha es krim semangka menjadi UMKM yang sukses dan berkelanjutan. Kolaborasi ini tidak hanya meningkatkan perekonomian desa, tetapi juga membangun kesadaran akan pentingnya gizi dan kesehatan anak-anak melalui program posyandu yang lebih inovatif
Harapan dan Dukungan Masyarakat " kegiatan ini cukup inovatif dan memberikan pandangan baru kepada ibu ibu pkk terkait Pemberian makanan tambahan serta memaksimalkan pemanfaatan hasil pertanian masyarakat sekitar " Ujar salah satu pengurus pkk. " harapan kedepannya semoga produk dan program yang diberikan dapat di teruskan oleh ibu ibu pkk dan masyarakat" Ucap wakil ketua PKK Desa Kepanjen.
Evaluasi
Setelah melakukan branding produk dan juga kaderisasi kepada ibu-ibu PKK, kami mahasiswa KKN kelompok 05 Universitas Jember melakukan evaluasi. Mendapati respon yang positif dan partisipasi aktif dari ibu-ibu pkk kami mengharapkan keberlanjutan produk dan program yang kami sampaikan
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI