Mohon tunggu...
KKM 173 Pagedangan
KKM 173 Pagedangan Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2022/2023

KKM 173 UIN Malang, kelompok KKM yang ditugaskan di Kabupaten Malang, Kecamatan Turen, Desa Pagedangan, Dusun Wonokasian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kontribusi Kelompok KKM 173 UIN Malang dalam Meningkatkan Brand Image UMKM di Dusun wonokasian

17 Januari 2023   20:50 Diperbarui: 17 Januari 2023   21:24 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kontribusi Kelompok KKM 173 Dalam MeningkatkanBrand Image UMKM/dokpri

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan. Keberadaan UMKM dalam suatu wilayah sangatlah penting karena dapat mempengaruhi aspek perekonomian dalam wilayah tersebut. 

Dalam hal ini, kelompok KKM 173 UIN Malang berkontribusi dalam meningkatkan brand image UMKM di Kecamatan Turen, khususnya Dusun Wonokasian. Salah satu upaya kelompok KKM 173 UIN Malang dalam meningkatkan brand image UMKM adalah dengan melakukan sosialisasi mengenai "Pentingnya Brand Image dan Pemasaran di Era Digital". Salah satu obyek UMKM yang akan ditingkatkan oleh kelompok KKM 173 UIN Malang adalah UMKM Carang Mas Sumber Rezeki.

Jumat, 6 Januari 2023,  kelompok KKM 173 UIN Malang mulai melakukan survei lokasi. Tidak hanya itu, kelompok KKM 173 UIN Malang juga melihat proses pemilihan bahan, proses produksi, hingga proses pengemasan produk. 

Setelah itu, Kelompok KKM 173 UIN Malang melakukan sosialisasi langsung kepada owner mengenai pentingnya brand image suatu produk bagi keberlangsungan  UMKM tersebut.  Brand image sendiri merupakan sebuah pandangan dari konsumen terkait suatu produk.

Saat ini, perkembangan era digital sangatlah pesat. Hal tersebut dapat mempengaruhi dan mendukung pemasaran suatu produk menjadi jauh lebih luas. Yang awalnya pemasaran hanya dapat dilakukan secara langsung, menjadi lebih mudah dengan menggunakan media sosial atau yang lainnya. 

Pemasaran digital ini memiliki jangkauan pasar yang lebih luas dan tidak terbatas oleh cuaca maupun jarak. Pemasaran digital juga lebih efisien karena tidak boros waktu, tenaga, dan biaya dalam proses pelaksanaanya.

Dari beberapa keuntungan pemasaran digital di atas, kelompok KKM 173 UIN Malang berharap agar pemilik UMKM yang ada di Dusun Wonokasian (salah satunya UMKM Carang Mas "Sumber Rezeki") dapat terbantu dalam menjalankan dan meningkatkan kualitas usahanya. Kelompok KKM 173 UIN Malang juga mengharapkan sosialisasi yang diberikan dapat diterapkan dan turut meningkatkan aspek perekonomian masyarakat Dusun Wonokasian, Desa Pagedangan, Kec. Turen, Kab. Malang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun