Mohon tunggu...
Annisa Kiswari
Annisa Kiswari Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop

Jakarta Smart City

1 Februari 2017   16:49 Diperbarui: 1 Februari 2017   16:55 264
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jakarta Smart City adalah penerapan konsep kota cerdas yang mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mengetahui, memahami, dan mengendalikan berbagai sumber daya di dalam kota dengan lebih efektif-efisien demi memaksimalkan pelayanan publik, memberikan solusi penyelesaian masalah, dan mendukung pembangunan berkelanjutan

Kesuksesan dan kelancaran Jakarta Smart City bertumpu pada keberadaan dua apliksi, yakni Qlue dan Cepat Respons Opini Publik (CROP). Qlue adalah aplikasi yang diperuntukan bagi warga, sedangkan CROP merupakan aplikasi yang hanya bisa diunduh oleh aparat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan aparat kepolisian

1. Warga Jakarta harus download aplikasi Qlue melalui smartphone.

Aplikasi ini digunakan oleh warga untuk melaporkan/membuat pengaduan kepada pemprov DKI baik berupa masalah kesehatan,pendidikan,bencana dll maupun pelayanan masyarakat lainnya yang sifatnya langsung peruntukannya untuk warga.

Contohnya :

- jalanan rusak/kotor dengan sampah

- Banjir/Kebakaran

- Orang sakit kurang mampu butuh perawatan medis khusus

- Kriminal dll

2. Aparat pemerintah ditingkat bawah yaitu Lurah atau Polsek akan menerima laporan warga dengan Aplikasi CROP. Aplikasi ini hanya bisa didownload dan digunakan oleh Aparat Pemerintah setingkat Lurah atau Kapolsek.

3. Kedua Aplikasi tersebut diatas akan terakses langsung di Smart City (Kota Pintar) Jakarta yang ada di gedung Balai Kota DKI Jakarta Blok B Lantai 3, dimana disana ada sekitar 90  petugas pekerja Teknologi Informasi dan operator untuk menjalankan aplikasi Jakarta Smart City.

4. Laporan/Pengaduan masyarakat yang masuk maka akan ditindak lanjuti oleh Aparat Pemerintah ditingkat Lurah/Polsek, dan langsung bisa terlihat/terpantau bahwa laporan warga, dengan Tabulasi seluruh Jakarta:

Contoh :

- Warna Merah ; lap. Masuk dari warga seDKI tentang Kebersihan sebanyak 72

- Warna Kuning ; lap. Dalam proses pengerjaan/ditindak lanjuti sebanyak 118

- Warna Hijau ; masalah tersebut sudah terselesaikan/terealisasi 350

5. Layanan masyarakat dalam aplikasi dimaksud terkait langsung dengan beberapa Dinas Pemprov yaitu ;

- Dinas perhubungan

- Polisi

- Dinas Pertamanan

- Dinas Kebersihan

- Satpol PP

- BPBD (Bencana)

- Dinas Perindustrian dan Energi

- Dinas Tata air

- Staff TransJak

- Bina Marga

- KUKMP (UKM)

- Dinas Sosial

6. Warga juga bisa mendownload Aplikasi Jakarta Smart City

Ini adalah aplikasi yang berisi informasi-informasi semua layanan dan akses informasi anggaran setiap Dinas Pemprov. Juga bisa mendapatkan informasi pangan di pasar-pasar Jaya mengenai harga kebutuhan pokok. Termasuk Informasi dari setiap Dinas lainnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun