Mohon tunggu...
Kiki Yulita
Kiki Yulita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gastrodiplomasi

27 November 2024   13:20 Diperbarui: 27 November 2024   13:28 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gastrodiplomasi yaitu diplomasi budaya yang dimana diplomasi ini menggunakan makanan sebagai simbol negara tersebut. Gastrodiplomasi muncul itu di negara Amerika Serikat, yang dimana saat itu presiden Barack Obama mengadakan pertemuan di negaranya lalu beliau mengundang perwakilan dari berbagai negara untuk datang di pertemuan terebut. 

Pada saat itu, Menlu Clinton membuat suatu lembaga crop chef khusus, dimana para chef itu didatangkan dari berbagai dunia. Crop chef ini bertugas untuk menyajikan makna spesial yang sesuai dengan dari mana tamu itu berasal. Hal ini dilakukan oleh Presiden Barack Obama sebagai bentuk rasa hormat kepada tamu yang sudah berkenan untuk datang.

Gastrodiplomasi menggunakan makanan sebagai sarana atau tempat untuk meningkatkan brand awarnes suatu bangsa yang dimana hal ini dapat meningkatkan nilai-nilai yang memuat gambaran mengenai kebudayaan suatu bangsa. Gastrodiplomasi menjadi sarana alternatif bagi suatu negara untuk memproyeksi pengaruh mereka kepada publik negara.

Gastrodiplomasi muncul paska perang dingin setelah hubungan internasional pada saat itu banyak dipengaruhi oleh isu-isu non tradisional. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan internasional bukan pendekatan baru lagi, akan tetapi gastrodiplomasi merupakan strategi yang dimana jangka waktunya itu berkepanjangan.

Konsep budaya makanan, bagaimana makana tersebut dibuat dan cara penyajiannya, menjadikan hal ini sebagai simbol identitas budaya. Hal ini telah diakui oleh UNESCO tahun 2008, mengakui bahwa proses jamuan teh yang dilakukan oleh negara Jepang merupakan warisan budaya tak benda.

 Daya tarik minum teh sebagai warisan budaya tak benda dunia memberikan pemahaman terhadap budaya Jepang. Negara-negara tersebut menjual budaya minum teh meraka sebagai merek bangsa (nation brand).

Pemerintah Indonesia terlambat menggarap gastrodiplomasi. Diberbagai negara di Asia seperti Thailand, Singapura, dan Korea sudah memiliki program yang khusus dibuat untuk memperkenalkan budaya makanan khas negaranya di kancah internasional. 

Sebagai contoh negara Thailand, kuliner yang ada di negara tesebut memiliki posisi yang kuat di kancah internasional. Salah satu makanan negara Thailand yang mendunia adalah Tom Yam. Oleh sebab itu jika ada yang mengatakan kuliner Tom Yam pasti sudah ada dipikiran orang yang mendengarkan bahwa makana tersebut berasal dari negara Thailand.

Makanan khas indonesia yang saat ini mendunia adalah Rendang, walaupun Indonesia terlambat dalam menggarap gastrodiplomasi akan tetapi Indonesia juga bisa memperkenalkan kulinernya diranah internasional.

Rendang merupakan makanan yang saat ini dinobatkan sebagai "makanan terlezat di dunia". Karena rempah-rempah yang digunakan saat pembuatan rendang sangatlah banyak. 

Tidak heran lagi, karena indonesia memiliki daya tarik yang sangat kuat dan juga merupakan salah satu negara penghasil rempah-rempah yang banyak di dunia, contohnya lada hitam, jahe, cengkeh, jinten, dan kunyit. Bahkan penjajah bangsa Eropa menjajah indonesia karena rempah-rempah di indonesia sangat melimpah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun