Mohon tunggu...
Kiki Pratama Rajagukguk
Kiki Pratama Rajagukguk Mohon Tunggu... Dosen - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum

Kiki Pratama Rajagukguk, S.Pd., M.Pd, seorang penulis, bekerja sebagai dosen di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Problematika Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Pembelajarann

31 Oktober 2023   08:25 Diperbarui: 31 Oktober 2023   08:43 815
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Problem  adalah  "masalah  atau persoalan"  jadi  yang  dimaksud  Problematika adalah  masih  menimbulkan  perdebatan,  masih menimbulkan  suatu  masalah  yang  harus dipecahkan  (Marhiyato,  2014).  Problematika adalah  suatu  kesenjangan  yang  mana  antara harapan  dan  kenyataan  yang  diharapkan  dapat menyelesaikan  atau  dapat  diperlukan  (Syukir, 2013).  Problem  dalam  kajian  ilmu  penelitian sering  didefinisikan  adanya  kesenjangan  antara harapan (yang dicita-citakan) dengan kenyataan (yang  dihasilkan).  Dengan  demikian  perlu adanya  upaya  untuk  lebih  mengarah  kepada sesuatu  seperti  yang  diharapkan.  Keberhasilan pembelajaran  sangat  ditentukan  seberapa  jauh guru mampu meminimalisir atau menyelesaikan problem  pembelajaran.  Semakin  sedikit problem  pembelajaran  akan  semakin  besar peluang  keberhasilan  belajar  siswa,  begitu sebaliknya  (Gunawan,  2014).  Sebagai  sebuah proses, pembelajaran dihadapkan pada beragam permasalahan, problematika. 

Peran  guru  dalam  proses  pembelajaran sangatlah  berpengaruh,  guru  sebagai  tenaga pendidik  harus  bisa  mengelola  dan mengarahkan  kegiatan  pembelajaran  agar peserta  didik  dapat  mencapai  tujuan pembelajaran.  Selain  kurikulum,  pendidik,  dan peserta  didik,  proses  pembelajaran  memegang peranan  penting  dalam  upaya  peningkatan pendidikan  khususnya  pada  jenjang  sekolah dasar  (Winangun  2022).  

Proses  pembelajaran sebagai  suatu  rangsangan  atau  stimulus  yang dapat  menantang  peserta  didik  untuk  terlibat dan berpartisipasi dalam aktivitas pembelajaran. Kegiatan  pembelajaran  mempunyai beberapa  komponen  diantaranya  materi  atau bahan,  strategi,  alat  dan  media  serta  evaluasi. Proses pembelajaran di kelas dasar memerlukan sarana  dan  prasarana  pendukung,  salah  satunya media  pembelajaran  (Wahyu,  Edu,  and  Nardi 2020).  Selain  itu,  media  pembelajaran  menjadi sarana  penyampaian  informasi  tentang  konsep pembelajaran yang diterima dengan sangat baik (Sari  and  Setiawan  2018).  Intervensi  media, jika  diikuti  dengan  metode  yang  tepat, bermanfaat bagi kompetensi siswa dan interaksi pembelajaran  serta  berpengaruh  terhadap  cara siswa memproses informasi dari guru.

Media  merupakan  segala  sesuatu  yang dapat  digunakan  untuk  menyampaikan  pesan dari  pengirim  ke  penerima  sehingga  dapat merangsang  pikiran,  perasaan,  perhatian  dan minat  siswa  (Lisma  Aspahani,  Nugraha,  and Giyartini  2020).  Media  pembelajaran  yang mudah  digunakan,  lebih  menarik,  dan  lebih informatif  akan  membuat  minat  siswa  untuk mempelajari  materi  pun  lebih  meningkat sehingga  lebih  mudah  memahami  pelajaran yang  telah  dijelaskan  oleh  guru  (Syawaluddin, Makkasau, and Jamal 2019). Selain itu, dengan penggunaan  media  pembelajaran,  keterbatasan tenaga  pengajar  juga  bisa  diatasi (Rahayuningsih and Ardi Sanjaya 2017). Media pembelajaran merupakan  salah satu unsur  yang sangat  penting  dalam  proses  belajar  mengajar yang  dapat  dimuati  pesan  yang  akan disampaikan  kepada  siswa,  baik  berupa  alat, orang  maupun  bahan  ajar,  selain  itu  media pembelajaran  merupakan  salah  satu  cara  untuk memotivasi  dan  berkomunikasi  dengan  siswa agar lebih efektif.

Berkaitan  dengan  perkembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi lembaga pendidikan harus  mampu  menerapkan  media  pendidikan yang  sudah  ada.  Media  pendidikan  yang diterapkan  oleh  lembaga  pendidikan  sekarang ini  belum  dimanfaatkan  secara  optimal,  seperti di  Sekolah  Dasar.  Media  pembelajaran khususnya  untuk  siswa  sekolah  dasar diharapkan  mampu  menimbulkan  ketertarikan belajar  siswa.  Kriteria  yang  perlu  diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran, yaitu: (a) sesuai  dengan  tujuan;  (b)  tepat  mendukung materi  yang  bersifat  fakta,  konsep,  prinsip,  dan generalisasi;  (c)  praktis,  luwes,  dan  bertahan; (d)  mampu  dan  terampil  menggunakan;  (e) pengelompokan  sasaran;  dan  (f)  mutu  teknis (Winangun  2022).  Berdasarkan  kriteria tersebut,  media  pembelajaran  tidaklah  harus mewah  tetapi  dapat  juga  bersifat  sederhana tetap  tetap  mampu  menjembatani  materi pembelajaran dan proses berpikir peserta didik.

Pada proses pembelajaran, apabila guru hanya  memanfaatkan  buku  pelajaran  sebagai media  maka  siswa  merasa  bosan  dan  tidak termotivasi  dalam  belajar.  Hal  ini  terjadi diakibatkan oleh guru dalam menggunakan dan memelihara  media  pembelajaran  yang  tersedia (Untari  2017).  Selain  itu,  media  pembelajaran yang  semula  bertujuan  mempermudah  peserta didik mencapai tujuan pembelajaran mengalami suatu  permasalahan  karena  belum  mampu dimaksimalkan oleh peserta didik (Lailiyah and Mardliyah  2021).  Oleh  karena  itu,  diperlukan alternatif lain dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan  motivasi  belajar  siswa.  Salah satu  alternatifnya  dengan  memanfaatkan teknologi  sebagai  media  dalam  proses pembelajaran  (Puspitarini  and  Hanif  2019). Tentu  pemanfaatan  ini  harus  tersosialisasi dengan  baik  terhadap  peserta  didik  sehingga mampu  menggunakan  dan  mencapai  tujuan pembelajaran.

Dalam  kaitan  dengan  mata  pelajaran Sains,  pemanfaatan  media  sudah  seharusnya dijalankan  karena;  1)struktur  dan  konten  Sains sarat dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip abstrak,  sehingga  media  mampu mengkonkretkan  abstraksi-abstraksi  itu  sesuai kapasitas  kognitif  anak-anak  SD  yang  masih bersifat operasional-konkret; 2) dengan melihat kapasitas  kognitif  anak  SD  dan  bahwa fenomena alam adalah platform Sains SD, maka materi-materi  Sains  seharusnya  bersifat sederhana  dan  praktis,  yang  hanya  dapat dinyatakan  jika  dibantu  dengan  media.  Dengan adanya  penggunaan  media  berbasis  teknologi pada  pembelajaran  Sains  diharapkan  siswa dapat  melihat,  dan  memahami  objek  yang dipelajari,  sehinggah  kesenjangan  yang  terjadi dapat  di  atasi.  Adapun  tujuan  media  Sains adalah membantu siswa dalam mengungkapkan fenomena  alam  dan  menanamkan  konsep dengan  perlakuan  (treatment).  Media  Sains yang  digunakan  dapat  berupa  benda  yang sesungguhnya  dan  dapat  pula  berbentuk  benda tiruan.  Media  dapat  diperoleh  atau  dibuat  dari barang-barang  bekas,  dari  objek  langsung  yang kontekstual,  dari  bahan  yang  mudah  dijangkau dan yang ada di sekitar lingkungan sekolah atau siswa.

Berdasarkan  wawancara  dengan  guru-guru  di  SD  Kabupaten Langkat.  Masih  banyak  siswa  yang  belum terlalu  mengerti  tentang  materi  Sains  diajarkan oleh  pengajar.  Permasalahan  ini  ada  beberapa faktor  yang  menghambat  proses  belajar mengajar yaitu daya  tanggap siswa  yang masih kurang.  Jadi  pengajar  juga  tidak  bisa  berbuat banyak  untuk  mengajarkan  materi-materi  yang akan  disampaikan  dan  tidak  bisa  melakukan inovasi-inovasi yang mendukung proses belajar mengajar.  Permasalahan  pembelajaran  Sains yang terjadi di SD Kabupaten Langkat  selama  ini  yaitu  pengajar  telah maksimal  dalam  menggunakan  media pembelajaan  berbasis  teknologi  dikarenakan  di setiap  ruang  kelas  dilengkapi  oleh  sarana prasarana  yang  mendukung  untuk  melakukan pembelajaran  namun  kendala  dari  pengetahuan beberapa  guru  mengenai  pengoperasian teknologi masih minim.

Apabila  ingin  melakuan  pembelajaran yang  menggunakan  media  teknologi  pengajar mengambil  sendiri  alat-alat  yang  mendukung pembelajaran  tersebut.  Karena  alat- alat  seperti pengeras  suara  di  sekolahan  hanya menyediakan  beberapa  saja,  jadi  pengajar-pengajar  di  SD  Kabupaten Langkat  rebutan  media  pembelajaran  tersebut. Padahal  jika  pengajar  hanya  menyampaikan materi Sains secara lisan maka siswa cenderung bosan dan mudah melupakan materi yang telah disampaikan.  Media  berbasis  teknologi mengatasi  kendala  dalam  pembelajaran  Sains siswa yang masih pasif dalam menerima materi pembelajaran  dan  kurang  motivasi,  sehingga proses  pembelajaran  diharapkan  berlangsung secara  efektif  dan  mengakibatkan  tujuan pembelajaran  tercapai  secara  maksimal. Problematika  dan  kendala  penggunaan  media pembelajaran  berbasis  teknologi  dalam pembelajaran  Sains  yaitu  kurangnya pengetahuan  tenaga  pendidik  dalam menggunakan  media  ini  dan  sarana penyediaannya  masih  terbatas  sehingga  tenaga pendidik  lebih  memilih  untuk  tidak menggunakan  media  berbasis  teknologi. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun