Mohon tunggu...
KKN UM KLAMPOK
KKN UM KLAMPOK Mohon Tunggu... Jurnalis - KULIAH KERJA NYATA UNIVERSITAS NEGERI MALANG DESA KLAMPOK

KULIAH KERJA NYATA UNIVERSITAS NEGERI MALANG DESA KLAMPOK 2019 KKN KLAMPOK 2019?? BERBUNGA dan BERBUAH !!!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Majukan Produk UMKM Desa Klampok dengan Pemposa

8 Juli 2019   07:17 Diperbarui: 8 Juli 2019   07:34 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuliah Kerja Nyata? Pasti tidak jauh dari suatu program kerja dan kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa pada suatu lingkungan masyarakat di suatu desa. KKN bertujuan untuk mengembangkan dan memajukan desa yang ditempati agar lebih maju lagi.

Salah satu program kerja mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang semester antara 2018/2019 yaitu mengadakan PEMPOSA (pelatihan pemasaran potensi desa) kepada ibu-ibu PKK Desa Klampok Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. PEMPOSA diadakan pada hari Rabu tanggal 19 Juni 2019. Selain ibu-ibu PKK, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh beberapa pelaku UMKM yang telah memiliki produk utamanya produk makanan.

Dokpri
Dokpri
Fokus utama dalam PEMPOSA ialah tentang packaging produk makanan karena produk UMKM yang ada di Desa Klampok kebanyakan berupa produk makanan, seperti produk pecel, produk keripik-keripik, telur asin, dan lain-lain. Beberapa produk seperti pecel dan keripik pisang turut ditunjukkan dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawasan Warga Desa Klampok diutamakan yang telah memiliki UMKM, serta ibu-ibu PKK di Desa Klampok tentang pentingnya strategi pemasaran UMKM serta packaging produk yang menarik. Selain itu, dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat membuat produk jadi lebih menarik dengan menggunakan alat pemasaran offline dan online guna meningkatkan penjualan.

PEMPOSA dibuka oleh MC dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK. Pelatihan dimulai dengan presentasi singkat oleh pemateri Dewi Asiyah, A.Md yang merupakan alumni UM angkatan 2015 dari jurusan manajemen pemasaran. Setelah itu, pemateri membuka sesi diskusi mengenai strategi pemasaran yang baik serta perlunya packaging yang menarik dalam mengemas suatu produk. Pemateri juga menekankan betapa pentingnya branding karena hal tersebut mampu menaikkan nilai value suatu produk.

Gambar 1: Foto Bersama Ibu-ibu PKK dan Pelaku UMKM di Desa Klampok bersama Mahasiswa KKN UM (Dokpri)
Gambar 1: Foto Bersama Ibu-ibu PKK dan Pelaku UMKM di Desa Klampok bersama Mahasiswa KKN UM (Dokpri)

Para peserta pelatihan terlihat mengikuti acara dengan baik terbukti dengan antusiasme ibu-ibu dalam sesi tanya jawab. Peserta diberikan tiga pertanyaan dan bagi ibu-ibu yang mampu menjawab pertanyaan diberikan doorprize.

PEMPOSA diakhiri pukul 11.30 dan dilanjutkan dengan foto bersama. Pelatihan PEMPOSA ini merupakan pelatihan berkelanjutan dan direncanakan akan dilanjutkan pelatihan lagi pada  awal Bulan Juli mengenai branding dan packaging produk jamu salah satu peserta yang hadir dalam acara tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun