Mohon tunggu...
Salsabila Key
Salsabila Key Mohon Tunggu... Akuntan - Bisnis

Menyukai bisnis dan keuangan, terutama software yang berhubungan dengan bisnis.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Pengertian, Peran, dan Rekomendasi Program ERP

5 Februari 2020   15:49 Diperbarui: 5 Februari 2020   16:00 245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Belakang ini, orang-orang khususnya para pemilik bisnis selalu mencari informasi tentang software ERP di internet. Kalau anda sendiri juga sudah mencari informasi tentang software ERP ini, mungkin dari berbagai sumber anda telah mendapatkan banyak informasi.

Namun, dengan mengunjungi situs ini dapat dipastikan kalau anda masih penasaran dengan arti software ERP karena dari informasi yang berbeda-beda, hal ini membuat anda merasa kebingungan akan pengertian software ERP yang sebenarnya. Jadi, apa pengertian software ERP yang sebenarnya?

Pengertian software ERP

Software ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan jenis software yang berfungsi untuk mengerjakan seluruh kegiatan operasional perusahaan yang merupakan kegiatan dasar dari berjalannya proses bisnis seperti manajemen sumber daya perusahaan, manajemen waktu, penggajian karyawan, pembuatan laporan keuangan, pengaturan transakasi, dan sebagainya.

Walaupun baru kali ini orang-orang mencari info tentang software ERP. Software ERP sendiri bukanmerupakan penemuan baru karena software ini sudah ada sejak tahun 1990, tetapi untuk konsep dasarnya sudah ada sejak tahun 1960an.

Peran software ERP bagi perusahaan

1. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi

Alasan utama kenapa perusahaan menggunakan software ini adalah karena kegiatan operasional dasar tadi dapat memakan banyak waktu dan perlu dilakukan berulang kali sehingga akan menghambat pemilik perusahaan dalam mengembangkan perusahaan mereka.

2. Menghemat biaya operasional

Melakukan kegiatan operasional dasar bisa memakan banyak biaya, tetapi dengan adanya software ERP, semua kegiatan tersebut bisa diotomatiskan sehingga perusahaan tidak akan membutuhkan banyak staff akuntansi atau manajemen dan bisa mengahlikan biaya tersebut untuk hal yang lebih penting lagi.

3. Membentuk kerja sama antar departemen       

Terkadang pembagian setiap departemen perusahaan ada kelebihan dan kekurang. Kelebihannya, seluruh tugas dapat dikerjakan secara teratur. kekurangannya, proses kerja sama akan sulit dibentuk sehingga bisa menghambat perkembangan perusahaan.

Untungnya, software ERP dapat mengintegrasikan seluruh departemen perusahaan sehingga setiap departemen dapat mengakses informasi tanpa perlu mengganggu departemen lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun