PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MATERI MEMAHAMI ISI KANDUNGAN QS. AL-QARI’AH DAN AL-ZALZALAH TENTANG HUKUM FENOMENA ALAM
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Â INDEX CARD MATCHÂ PADA SISWA KELAS IX A MTS NEGERI KEDU TEMANGGUNGÂ
ABSTRAK
Khusnaini Fauzi
(Guru MTs Negeri Kedu. Email : fafa_bet@yahoo.com)
Hasil belajar al-Qur’an Hadis rendah, yaitu persentase ketuntasannya hanya mencapai 25%. Peneliti memilih model pembelajaran kooperatif tipe index card match sebagai salah satu solusinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar al-Qur’an Hadis materi memahami isi kandungan QS. al-Qari’ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam pada siswa kelas IX A MTs Negeri Kedu.      Â
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas tiga pertemuan. Siklus 1 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dimana siswa belum dibagi dalam kelompok, ternyata siswa sudah merasa tertarik namun hasil belum maksimal. Setelah hasil refleksi di siklus 1, maka model pembelajaran index card match di siklus 2 dikemas dalam dua kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 14 siswa dengan materi yang sama. Sumber data berasal dari hasil observasi guru dan siswa, wawancara dengan siswa, serta hasil tes (pre tes maupun pos tes).
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa berupa rata-rata kelas siswa sebesar 11,79 dari 66,07 pada siklus 1 menjadi 77,86 pada siklus 2. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 33% dari 46% pada siklus 1 menjadi 79% pada siklus 2.
KataKunci : Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe index card match
THE IMPROVEMENT OF LEARNING RESULT OF AL-QUR’AN HADIS
TO UNDERSTAND THE CONTENTS OF THE WOMB QS. AL-QARI’AH DAN