Mohon tunggu...
Khusnaini Fauzi
Khusnaini Fauzi Mohon Tunggu... -

laki-laki

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Karya Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas)

2 Januari 2017   20:22 Diperbarui: 2 Januari 2017   21:39 2660
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MATERI MEMAHAMI ISI KANDUNGAN QS. AL-QARI’AH DAN AL-ZALZALAH TENTANG HUKUM FENOMENA ALAM

MELALUI MODEL PEMBELAJARAN  INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IX A MTS NEGERI KEDU TEMANGGUNG 

ABSTRAK

Khusnaini Fauzi

(Guru MTs Negeri Kedu. Email : fafa_bet@yahoo.com)

Hasil belajar al-Qur’an Hadis rendah, yaitu persentase ketuntasannya hanya mencapai 25%. Peneliti memilih model pembelajaran kooperatif tipe index card match sebagai salah satu solusinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar al-Qur’an Hadis materi memahami isi kandungan QS. al-Qari’ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam pada siswa kelas IX A MTs Negeri Kedu.           

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas tiga pertemuan. Siklus 1 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dimana siswa belum dibagi dalam kelompok, ternyata siswa sudah merasa tertarik namun hasil belum maksimal. Setelah hasil refleksi di siklus 1, maka model pembelajaran index card match di siklus 2 dikemas dalam dua kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 14 siswa dengan materi yang sama. Sumber data berasal dari hasil observasi guru dan siswa, wawancara dengan siswa, serta hasil tes (pre tes maupun pos tes).

Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa berupa rata-rata kelas siswa sebesar 11,79 dari 66,07 pada siklus 1 menjadi 77,86 pada siklus 2. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 33% dari 46% pada siklus 1 menjadi 79% pada siklus 2.

KataKunci : Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe index card match

THE IMPROVEMENT OF LEARNING RESULT OF AL-QUR’AN HADIS

TO UNDERSTAND THE CONTENTS OF THE WOMB QS. AL-QARI’AH DAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun