Mohon tunggu...
Khusnul Khotimah
Khusnul Khotimah Mohon Tunggu... Dosen - Imajiner

ln 1= 0

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dalam Jaringan

20 Juni 2020   14:27 Diperbarui: 20 Juni 2020   14:30 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Hallo teman teman disini saya akan menceritakan pengalaman saya saat kuliah online atau daring pada semester 2 ini. Pertama saat mulai diadakannya daring saya baik baik saja dan berpikir ini akan terjadi sementara. Namum seminggu sudah berlalu ada pengumuman dari bapak rektor bahwa daring berlangsung sampai akhir semester. Pada awal awal saya merasa baik baik saja dalam mengikuti kuliah. Namun semakin berjalannya hari ada hal yang menyenangkan namun juga menyedihkan. Disini saya akan menceritakan hal hal menyenangkan dulu. Pertama saya tidak perlu menyiapkan hal hal yang biasanya saya siapkan saat masuk kuliah. Seperti saya tidak perlu mandi pagi sekali saat mulai kuliah, saya tidak perlu sarapan sebelum kuliah, saya tidak perlu menyiapkan baju untuk kuliah. Dan yang kedua saya bisa kuliah sambil makan ataupun sambil dijalan dan bisa sambil rebahan. Emm terus yang ketiga ituu kita bisa cari referensi diberbagai media ketika ditanya dosen, dan itu kadang tidak bisa kita cari ketika sudah dikelas. Mungkin itu beberapa hal yang menyenangkan saat kuliah online menurut saya. Kemudian ada juga sedihnya, dan semoga daring tidak terjadi lagi pada semester 3. Hal menyedihkan pertama yaitu kita harus menyiapkan kuota internet dan sinyal yang baik untuk melakukan kuliah online, saya pernah waktu itu UTS disuruh dikumpulkan di e learning, dan saya mengumpulkan h- 5 menit waktu berakhir dan sampai 15 menit tugas saya baru bisa terkirim, dan itu menyebalkan sekali sehingga harus bilang dan memohon pada dosen agar diberi kesempatan mengirim lagi. Dan yang kedua merasa lebih grogi saat akan presentasi, waktu itu saya tiba waktunya untuk presentasi hasil kelompok saya, dan itu sistemnya ada yang mengirim voice note lewan WhatsApp dan ada yang diskusi biasa. Ketika diskusi lewat voice note saya berulang kali merekam suara saya agar terdengar lebih jelas, dan pada waktu itu rumah saya dekat dengan jalan jadi suara kendaraan yang sering mengganggu membuat saya berulang kali merekam , dan saya memutuskan untuk merekam pada malam hari agar suara sekitar lebih terdengar tenang. Yang ketiga ketika ada soal yang sulit kurang leluasa bertanya pada teman teman. Waktu itu saya bertanya pada teman sana teman sini trus kating juga, dan untung mereka mau menjawab dan diskusi sama saya. Heumm lanjut yang keempat ya, semua harus berhubungan dengan laptop dan hp, waktu itu saya pernah sampai pusing Banget, gara gara hampin sehari saya bersama kedua benda tersebut. Dan pernah, saya tidur dan dikelilingi oleh kedua benda tersebut. Yang kelima ituu terasa membosankan sekali, saya tidak bisa bertemu dosen langsung saya tidak bertemu teman-teman saya dan kegiatan saya hanya didepan laptop, hp, mengerjakan tugas dari dosen. Yang keenam, ada sebagian dosen yang memberi tugas dan mereka mengirim file materi untuk dipelajari sendiri. Dan itu melelahkan sekali, tapi YouTube membantu saya karena disana dijelaskan berbagai penjelasan yang lebih jelas. Yang ketujuh kuliah online itu lebih tepat waktu, jadi kalau mulai 10.20 ya itu mulai, kalau dikumpulkan 12.00 ya harus dikumpulkan. Dan sebenarnya masih ada suka suka nya tapi saya lupa, ya itulah kira-kira pengalaman saya. Saya berharap semoga semester 3 sudah kuliah seperti biasa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun