Mohon tunggu...
Khusika DhamarGusti
Khusika DhamarGusti Mohon Tunggu... Lainnya - Freelancer

Sering nulis di khusika.dev

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mengatasi Windows Error 0X80072F8F

28 Desember 2023   06:58 Diperbarui: 28 Desember 2023   07:03 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://khusika.dev/repair-windows-update/featured-image.webp

Halo semuanya! jika Anda membaca artikel ini, saya yakin Anda mengalami masalah terkait pembaruan Windows Anda. Dalam kasus saya, saya mendapatkan kesalahan Instal kesalahan - 0x80072f8f  yang akan berhenti setelah 99% proses instalasi.

https://khusika.dev/repair-windows-update/error-pict.webp
https://khusika.dev/repair-windows-update/error-pict.webp
Saya tidak yakin apa yang menyebabkan masalah ini (saya tidak dapat mereproduksi log), mungkin file tersebut rusak selama proses pengunduhan atau ada sesuatu yang hilang di Windows saya.Saat itu, Windows saya berada pada 22631.2338 (beta) pada bulan September. Saya telah melakukan beberapa kali untuk menghapus setiap cache dan data Pembaruan Windows dengan melakukan perintah di bawah ini.

net stop wuauserv
net stop cryptSvc
net stop bits
net stop msiserver
net stop appidsvc
ren C:\Windows\SoftwareDistribution SoftwareDistribution.old
ren C:\Windows\System32\catroot2 catroot2.old
regsvr32.exe /s atl.dll
regsvr32.exe /s urlmon.dll
regsvr32.exe /s mshtml.dll
netsh winsock reset
netsh winsock reset proxy
rundll32.exe pnpclean.dll,RunDLL_PnpClean /DRIVERS /MAXCLEAN
dism /Online /Cleanup-image /ScanHealth
dism /Online /Cleanup-image /CheckHealth
dism /Online /Cleanup-image /RestoreHealth
dism /Online /Cleanup-image /StartComponentCleanup
Sfc /ScanNow
net start wuauserv
net start cryptSvc
net start bits
net start msiserver
net start appidsvc

perintah-perintah itu tidak menyelesaikan masalah saya. 0x80072f8f masih ada di setiap rilis beta. Saya berasumsi bahwa file Pembaruan Windows yang diunduh sebenarnya baik-baik saja dan tidak rusak, tetapi ada sesuatu yang menghalanginya ketika Pembaruan Windows mencoba menginstal file tersebut ke Windows saya.

Jadi, satu-satunya cara adalah dengan melakukan upgrade di tempat. Saya memilih metode ini karena saya ingin memperbaikinya tanpa kehilangan aplikasi dan data pribadi saya. ISO Windows juga diperlukan untuk dapat melakukan pemutakhiran di tempat. Karena Windows tidak merilis ISO untuk program Windows Insider, saya mendownloadnya menggunakan UUP Dump yang mudah digunakan bagi saya. Dengan melakukan pemutakhiran di tempat, masalah saya telah terpecahkan, sekarang tidak ada masalah dengan Pembaruan Windows saya.

Artikel ini diterjemahkan langsung dari tulisan saya pribadi dalam bahasa inggris:
https://khusika.dev/repair-windows-update/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun