Mohon tunggu...
Khudaebi Ikhtiara
Khudaebi Ikhtiara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Halloo, aku Tiara disini aku bakal nulis suka-suka aku. Hobiku selain nulis, ya fangirl donggg. Byebyeeee

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Universitas Peradaban Gelar Penyuluhan Digital Marketing Sebagai Sarana Strategi Pemasaran UMKM di Desa Cenang

2 Maret 2024   10:31 Diperbarui: 2 Maret 2024   11:06 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Brebes - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Peradaban Bumiayu Brebes yang bertepatan di Desa Cenang, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes melakukan kegiatan penyuluhan digital marketing sebagai sarana penerapan strategi pemasaran UMKM di desa cenang.

Kegiatan penyuluhan tersebut merupakan salah satu program kerja dari pilar Ekonomi mahasiswa KKN Desa Cenang dengan mengusung tema "Memajukan UMKM Desa Cenang Melalui Digital Marketing".

Acara tersebut di moderator oleh Khudaebi Ikhtiara mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban dengan narasumber Kak Anisa mahasiswa program studi Manajemen Universitas Peradaban.

Wulan Yuniaris selaku salah satu mahasiswa KKN dari program studi Manajemen menuturkan bahwa kegiatan penyuluhan UMKM digital marketing ini dilatarbelakangi oleh UMKM di Desa Cenang yang masih pada posisi bergerak di tempat. Dan UMKM akan terus berkembang maju apabila para pelaku UMKM dapat mengikuti perkembangan zaman khususnya sistem pemasaran di era digitalisasi.

Kegiatan ini dikemas dalam kegiatan penyuluhan UMKM digital marketing dengan tujuan untuk melatih dan memajukan pemasaran UMKM di Desa Cenang melalui sosial media sehingga pemasaran UMKM ini dapat bersaing di dunia nasional maupun internasional.

Kegiatan penyuluhan ini dipusatkan di Gedung Balaidesa Cenang yang dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Cenang, dan Bapak-bapak, serta ibu-ibu pelaku UMKM sebagai peserta yang dilaksanakan pada tanggal 26 februari 2024.

Dalam penyuluhan tersebut, narasumber mengupas tentang bagaimana menghadapi persaingan bagi pelaku UMKM untuk dapat bersaing dengan menggunakan media sosial. Menjadikan produk yang dimiliki dengan promosi yang semenarik mungkin dan langkah-langkah yang harus dipersiapkan sebelum melakukan promosi melalui media sosial.

Kegiatam penyuluhan ini diakhiri dengan dengan sesi diskusi dan tanya jawab serta dengan membantu pelaku UMKM dalam pembuatan akun media sosial di desa Cenang yang di harapkan akan membantu para umkm dalam memasarkan sebuah produk. Digaital marketing merupakan proses pemasaran maupun promosi suatu brand,produk,maupun jasa yang di lakukan melalui media digital atau internet dengan tujuan menarik calon konsumen secara cepat.

Wulan menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan penyuluhan digital marketing di desa Cenang ini di harapkan dapat membantu memudahkan para umkm untuk memasarkan produknya serta dapat bersaing secara global.

Penulis : Tim Mahasiswa KKN Universitas Peradaban Desa Cenang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun