Mohon tunggu...
KHUARIDA FITRA
KHUARIDA FITRA Mohon Tunggu... Guru - Guru TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KRADENAN

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna dengan Media Tabung Warna

10 Desember 2022   21:35 Diperbarui: 10 Desember 2022   22:31 854
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aspek kognitif merupakan aspek yang penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir anak. Pengenalan warna pada anak usia dini bukan hanya mengasah kemampuan mengingat tetapi juga imajinasi, ketrampilan kognitif serta pola berfikir kreatif. Mengenal warna sangat dibutuhkan untuk anak usia dini karena dengan anak mengerti warna anak akan mampu membedakan antara warna-warna yang mereka lihat dan anak akan mampu mengungkapkan semua keinginan melalui warna. Pengenalan warna pada anak usia dini sangat berpengaruh dalam perkembangan kognitif anak.

Piaget dalam Beaty (2013:269) membagi perkembangan kognitif dalam empat tahap, yaitu tahap sensorimotor, tahap praoperasional, tahap konkret operasional, dan tahap formal operasional. Perkembangan kognitif diperlukan supaya anak mengenal bentuk, ukuran, suara, rasa, bau, warna, berhitung, memecahkan masalah. Dalam penelitian ini, perkembangan kognitif yang akan ditingkatkan adalah kemampuan mengenal warna bagi anak usia 4-5 tahun.

Menurut pendapat Muharrar dan Verayanti (2013:25) warna merupakan unsur rupa yang terpenting dan salah satu wujud keindahan yang dapat diserap oleh indera penglihat manusia. Menurut Wiyani (2014:81) bahwa pengenalan warna terhadap anak usia dini merupakan bidang pengembangan kognitif khususnya pada kemampuan visual. Kemampuan ini berhubungan dengan penglihatan dan persepsi anak usia dini terhadap lingkungan sekitarnya.

Kemampuan mengelompokkan benda sesuai warna adalah sarana pembelajaran anak usia dini dalam membedakan warna yang satu dengan yang lain. Kemampuan mengelompokkan benda sesuai warna merupakan fase perkembangan yang dimiliki oleh anak usia 4-7 tahun, yaitu berpikir secara intuitif, anak sudah dapat mengklasifikasikan obyek sesuai dengan kelompoknya dan anak sudah menunjukkan minat dalam rasa dan perbedaan aktivitas sensori motor (warna, ukuran atau bentuk, suara, rasa, berat dan bau) Sujiono (2009:121).

Kenyataannya di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kradenan  pada anak kelompok A adalah kemampuan mengenal warna masih rendah tentang menyebutkan warna dan mengelompokkan warna, 7 dari 13 anak yang bisa dengan benar. Hal ini disebabkan karena kegiatan pengenalan warna menggunakan kertas lipat dan crayon. Selain itu dengan metode tanya jawab melalui benda-benda disekitar anak misalnya warna dinding, meja, seragam, papan tulis. Guru jarang menggunakan alat atau media dan kegiatan yang bervariasi. Kegiatan-kegiatan tersebut mungkin kegiatan yang kurang menarik karena memang ada beberapa anak yang memiliki daya konsentrasi yang pendek sehingga beberapa anak terlambat dalam mengikuti kegiatan.

Berdasarkan permasalahan tersebut untuk mengenalkan warna pada anak, penulis menggunakan kegiatan klasifikasi tabung warna agar pembelajaran bisa menarik serta menyenangkan sesuai kebutuhan anak. Keutamaan dari kegiatan klasifikasi tabung warna adalah mudah digunakan, warnanya menarik, bentuknya beraneka warna serta murah harganya dan anak-anak bisa memasukkan pom-pom warna pada tabung warna trsebut . Selain itu pada penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa mangkuk warna. kancing-kancing tesebut akan dikelompokkan sesuai warna yang sama sesuai warna keranjang yang sudah disediakan guru.

Oleh karena itu peneliti ingin anak terlihat aktif, tertarik dan senang dalam proses pembelajaran. Keadaan inilah yang menjadi latar belakang peneliti untuk memperbaiki proses pembelajaran mengenal warna melalui kegiatan klasifikasi tabung warna sehingga diharapkan adanya peningkatan perkembangan kognitif anak.

Alat dan bahan untuk pembuatan media kartu huruf

Kertas buffalo warna warni

Double tip

Kardus bekas

Kertas sukung

Lem tembak

Pom-pom warna warni

Cara membuat media kartu huruf 

Gunting kertas buffalo dengan lebar 10 cm

Rekatkan kertas buffalo dengan double tip sehingg membentuk seperti tabung

Hiasi kardus dengan kertas sukung

Beri lem tembak pada kertas buffalo lalu ditempelkan pada kardus yang sudah di hias dengan kertas sukung

Masukkan pom-pom sesuai dengan tabung warna

Cara main kartu huruf 

Anak melihat arahan guru sebelum memulai kegiatan

Anak-anak memasukkan pom-pom sesuai warna pada tabung warna

Anak-anak melakukukan kegiatan sampai pom-pom habis

Kemampuan mengenal warna adalah kemampuan mengenal melakukan sesuatu dengan mengenali tanda,ciri dari tanda aksara dalam tata tulis. Pengenalan warna termasuk dalam kognitif yang distimulus melalui pendengaran dan penglihatan. Oleh karena itu dalam mengenalkan warna kepada anak usia dini harus dilakukan dengan cara kegiatan belajar sambil bermain dalam kegiatan tersebut harus menggunakan suatu permainan yang menarik perhatian anak salah satunya yaitu media tabung warna. Media tabung warna dapat meningkatkan kemampuan mengenal kemampuan mengenal warna pada anak. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun