Untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap suatu produk peran pentingnya sebuah merek dan kemasan berperan penting bagi pelaku UMKM untuk membangun sebuah branding produk. Brebes, Kamis 11 Mei 2023 telah dilaksanakan sosialisasi pentingnya merek dan kemasan sebagai strategi membangun branding bagi pelaku UMKM di PKBM Bina Sejahtera Desa Sigambir. Kegiatan ini diikuti oleh warga RW 02 terdiri dari RT 01,02,03 dan 04 yang memiliki usaha dan berminat berwirausaha.
Dalam kegiatan sosialisasi ini memberikan informasi dan penyadaran tentang bagaimana pentingnya merek dan kemsan untuk membangun branding suatu produk kepada para pelaku UMKM. Materi yang disampaikan yaitu tentang merek, fungsi merek, kemasan produk, alasan pengemasan sebuah produk, fungsi kemasan, bahan kemasan dan bagaiamana tips branding produk yang tepat serta bagaimana kemasan produkya. Khotimatul Aliyah merupakan pembicara dalam acara tersebut dia mengatakan bahwa brand dapat meyakinkan konsumen dalam hal memilih suatu produk berdasarkan merek yang melekat dalam suatu produk.Â
Kemudian ia mengatakan juga Packaging atau kemasan produk merupakan salah satu upaya strategi branding yang akan membantu perusahaan lebih mudah mengenalkan produk ke masyarakat dan selanjutnya mendorong para target pasar untuk membeli produk. Selain itu, dalam kegiatan sosialisasi ini juga membawa contoh kemasan produk yang sudah ada desain merek produk yang merupakan inovasi bawang yaitu Baceman Bawang Merah (B2M) dari Tim KKN-T Desa Sigambir untuk dikenalkan oleh para peserta.
Kemasan yang dibawa yaitu berupa toples kaca dan kami juga menjelaskan juga kemasan itu disesuaikan dengan masing-masing jenis produk yang dibuat misalnya seperti menngunakan plastik, kaleng, botol kaca dll.
Melihat potensi yang ada di Desa Sigambir yaitu banyak warga masyarakat yang memiliki usaha namun belum memiliki nama brand atau merek dan pengemasan produk yang masih seadanya seperti menggunakan plastik biasa sehingga produk yang dihasilkan oleh masyarakat masih kurang dikenal oleh masyarakat luas. Oleh karena itu disini kami membantu para warga dengan memberikan penyuluhan tentang pentingnya merek dan kemasan sebagai strategi membangun branding khususnya bagi pelaku UMKM dan memberikan contoh kemasan untuk usaha mereka.
Harapan Aliya dengan diadakannya sosialisasi ini karena melihat banyaknya masyarakat Desa Sigambir yang memiliki usaha namun belum bisa melakukan branding produk melalui penyuluhan pentngnya merek dan kemasan ditengah era digitalisasi. Oleh karena itu, sosialisasi branding produk diharapkan dapat membantu para pelaku usaha di Desa Sigambir untuk bisa membranding produknya sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas dan dapat meningkat nilai jual produk sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian para pelaku usaha dan masyarakat Desa Sigambir.
Para pelaku UMKM dan masyarakat Desa Sigambir merasa terbantu dengan adanya kegiatan sosialisai ini. Menurut wawancara pada peserta kegiatan mengatakan bahwa "kegiatan sosialisasi sangat membantu dan bermanfaat bagi kami yang mempunyai usaha namun belum bisa melakukan branding produk yang pengemasannya masih dikemas secara sederhana dan tentunya belum memiliki label atau merek sendiri, dan sekarang akhirnya kami bisa membuat produk kita menjadi menarik agar bisa menarik banyak pembeli mbak". Ujar salah satu peserta kegiatan.
Penulis: Khotimatul Aliyah
Brebes, 19 Juni 2023