Dalam sebuah pengajaran atau proses belajar mengajar haruslah diadakannya evaluasi. Mengaapa?seberapa pentingkah evaluasi itu?.
Komponen penilaian dalam pembelajaran antara lain berfungsi untuk memberikan informasi tentang rancangan pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran. Penilaian digunakan sebagai patokan untuk pengambilan keputusan. Keputusan tersebut berkaitan dengan individu atau anak, program atau kurikulum dan sekolah secara keseluruhan. Misalnya, seorang anak ditetapkan telah mencapai perkembangan yang baik dalam merangkai dua kata menjadi kalimat.
Selain itu, dengan penilaian dapat diperkirakan seorang siswa mengalami kesulitan belajar atau tidak. Dengan penilaian dapat diputuskan apakah program sesuai atau tidak untuk anak tersebut. Apakah sekolah mendukung (kondusif) perkembangan anak atau tidak.
Pelaksanaan penilaian perkembangan anak usia dini merupakan aktifitas yang seyogyanya dikuasai oleh guru. Paparan berikut menjelaskan tentang pelaksanaan dan berbagai jenis alat penilaian perkembangan anak usia dini.
1.Pengamatan (Observasi)
2.Wawancara
3.Sosiometri