Mohon tunggu...
Kholbi LintaFadhilah
Kholbi LintaFadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca cerita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bagaimana Sih Personal Branding bagi Seorang Public Relations?

10 Desember 2023   21:00 Diperbarui: 10 Desember 2023   21:52 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada era digital yang semakin berkembang ini memunculkan trend personal branding profesi sebagai merek. Seperti halnya dengan profesi public relations yang tentunya sangat perlu untuk membangun branding bagi dirinya. 

Nah, sekarang akan dibahas mengenai bagaimana sih personal branding seorang public relations.

Personal branding identik dengan citra yang melekat pada diri seseorang. Citra ini terbentuk dari karakter tiap individu yang tercipta sejak lahir dan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain, faktor lingkungan, keluarga, pendidikan, dan pergaulan sosial. 

Untuk personal branding sendiri dapat diartikan sebagai proses pembentukan persepsi atau kesan dari masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki oleh seseorang, diantaranya adala kepribadian, kemampuan, atau nilai-nilai yang dapat menstimulus timbulnya persepsi positif dari masyarakat. 

Lalu apa saja sih dimensi utama pembentuk personal branding itu, nah dimensi utamanya yaitu, yang pertama adalah memiliki kompetensi atau kemampuan individu dalam satu bidang tertentu. Kedua, memiliki style atau gaya yang merupakan kepribadian diri. Dan ketiga, menetapkan standar yang dapat mempengaruhi orang lain dalam memandang diri kita. Dengan menggabungkan ketiga faktor dimensi utama tersebut, kita dapat mulai membangun dan mengembangkan reputasi untuk personal branding kita.

Selanjutnya, seorang public relations perlu membangun branding untuk menunjukkan keprofesionalannya yang akan menunjang pelaksanaan tanggungjawab pekerjaannya. Berikut terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan PR untuk membangum branding, pertama temui orang-orang melalui event lokal di daerah tempat public relations berpotensi tampil untuk menunjukkan sebuah eksistensinya. Kedua, memanfaatkan media sosial yang dapat membantu public relations mengenal dan bertemu dengan orang banyak. Ketiga, memanfaatkan forum untuk mencari orang-orang dengan hobi dan ketertarikan yang sama. Keempat, menulis blog post untuk website yang sesuai dengan bidang tertentu. Dan yang terakhir, menemui mentor untuk didengar, diberi masukan, dan mendapatkan dorongan.

Itulah penjelasan mengenai personal branding public relations dan bagaimana membangun branding itu sendiri bagi seorang public relations. Semoga pemaparan tersebut dapat bermanfaat bagi para readers semuanya yaaa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun