Mohon tunggu...
Kholbi LintaFadhilah
Kholbi LintaFadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca cerita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mari Mengenal Marketing Public Relations

15 Oktober 2023   23:04 Diperbarui: 15 Oktober 2023   23:06 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Marketing atau yang sering disebut dengan pemasaran merupakan penyampaian informasi tawaran bagi pihak internal maupun eksternal perusahaan. 

Dalam pelaksanaan strategi marketing, perusahaan harus memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dan harus menyesuaikan dengan lingkungan.

Marketing Public Relations merupakan suatu perpaduan antara public relations dengan marketing. Hal ini dimaksudkan bahwa pelaksanaan program pemasaran dilakukan dengan pendekatan kepada konsumen atau masyarakat secara langsung. Sehingga hal tersebut dianggap lebih murah dan efektif dibandingkan dengan penggunaan iklan seperti baliho dan sejenisnya. 

Tujuan dari marketing public relations sendiri sebagai berikut;

1. Membangun kesadaran

2. Membangun kredibilitas

3. Mendorong wiraniaga dan penyalur

4. Mengurangi biaya promosi

Dalam marketing public relations, terdapat 3 strategi yang dapat digunakan, antara lain;

1. Pull strategy, mengembangkan kekuatan untuk menarik perhatian publik.

2. Push strategy, mendorong berhasilnya pemasaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun