Mohon tunggu...
Siti Khoirun Nisa
Siti Khoirun Nisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi / UIN Syarif Hidayatullah Jakarta - Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan - Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Graceful enigma

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Konsep Diri Siswi Kelas 12 SMA Negeri 1 Tamansari Menurut Teori Hurlock

20 Desember 2024   21:29 Diperbarui: 20 Desember 2024   21:26 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Wawancara dengan NAF, 15 Desember 2024, SMA Negeri 1 Tamansari 

Konsep diri adalah persepsi, pemahaman, dan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri, mencakup aspek fisik, psikologis, dan sosial. Konsep diri terbentuk melalui pengalaman pribadi, interaksi dengan lingkungan, dan interpretasi terhadap reaksi orang lain. Hal ini mencakup citra diri fisik, yaitu bagaimana seseorang menilai penampilannya, serta citra diri psikologis, yang melibatkan pemikiran, perasaan, dan emosi tentang dirinya. Konsep diri memainkan peran penting dalam perkembangan kepribadian dan perilaku seseorang, karena pandangan terhadap diri memengaruhi cara individu menafsirkan pengalaman hidup dan merespons situasi tertentu. Konsep ini juga menentukan bagaimana seseorang memahami peran dan hubungannya dengan orang lain, yang pada gilirannya membentuk sikap, keputusan, dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Elizabeth B. Hurlock, konsep diri merujuk pada pemahaman seseorang tentang siapa dirinya dan bagaimana ia memandang eksistensinya. Konsep ini dapat dianggap sebagai refleksi dari cermin, di mana seseorang membentuk pandangannya terhadap diri sendiri berdasarkan interaksi sosial dan persepsi tentang bagaimana orang lain bereaksi terhadapnya. Konsep diri mencakup dua aspek utama, yaitu citra diri fisik dan citra diri psikologis. Citra diri fisik berkaitan dengan bagaimana seseorang menilai penampilannya, sementara citra diri psikologis mencakup pandangan terhadap pikiran, perasaan, dan emosi yang dimilikinya.

Lebih dari sekadar gambaran, konsep diri memainkan peran fundamental dalam membentuk pola perkembangan kepribadian seseorang. Pandangan individu terhadap dirinya akan memengaruhi sifat, sikap, dan perilakunya. Hal ini dikarenakan cara seseorang melihat dan menilai dirinya sendiri menjadi landasan dalam menafsirkan pengalaman-pengalaman hidupnya. Misalnya, dua individu mungkin mengalami kejadian yang sama, tetapi mereka dapat memberikan makna yang sangat berbeda karena perbedaan dalam cara mereka memandang diri dan dunia di sekitarnya. Dengan kata lain, konsep diri yang dimiliki seseorang berperan besar dalam membentuk persepsi dan reaksi emosional terhadap berbagai situasi. Seiring perkembangan, konsep diri terus dipengaruhi oleh hubungan sosial, pengalaman pribadi, dan dinamika psikologis yang terjadi dalam kehidupan individu. Pemahaman mendalam tentang konsep diri ini penting karena dapat memberikan wawasan tentang bagaimana seseorang membangun identitas, menavigasi hubungan, dan mengambil keputusan dalam hidupnya.

Artikel ini membahas tentang konsep diri berdasarkan teori Elizabeth B. Hurlock, mencakup aspek positif dan negatif, yang dianalisis melalui hasil wawancara dengan NAF, seorang siswi kelas 12 di SMA Negeri 1 Tamansari. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana NAF memandang dirinya dalam konteks kepercayaan diri, motivasi, dan respons terhadap tantangan akademis maupun emosional. Dengan merujuk pada teori Hurlock, artikel ini mengungkap citra diri NAF dalam dua dimensi: konsep diri positif, seperti kepercayaan diri dalam menghadapi pembelajaran, serta konsep diri negatif, termasuk keraguan dan rasa kurang mampu dalam situasi tertentu.

Input Keterangan & Sumber Gambar (Contoh: Foto Langit Malam (Sumber: Freepik/Kredit Foto))
Input Keterangan & Sumber Gambar (Contoh: Foto Langit Malam (Sumber: Freepik/Kredit Foto))
Konsep Diri Positif
NAF siswi kelas 12 SMA Negeri 1 Tamansari, menunjukkan sisi positif dari konsep dirinya dalam beberapa situasi. Salah satu hal yang membuatnya merasa percaya diri adalah cara guru menyampaikan pelajaran dengan menarik. "Kalau gurunya ngajarin pake cara yang asyik aku jadi semangat dan ngerti pelajarannya" ungkap NAF. Selain itu, dia mencoba untuk tetap bangkit setelah mengalami kegagalan. "Waktu gagal, aku biasanya coba ingat-ingat kalau aku pernah berhasil juga kok jadi ga harus terus ngerasa jelek" tambahnya.

Dalam mengatasi tantangan di sekolah, NAF berusaha mencari solusi agar tetap percaya diri. "Kalau ada tugas susah aku biasanya cari bantuan teman atau nonton video biar ngerti" jelasnya. Dia juga berusaha melihat kekurangan dirinya secara positif. "Aku tahu sih aku ga selalu bisa sempurna tapi aku pikir itu wajar karena semua orang pasti ada kurangnya" katanya. Ketika membahas tentang hal-hal yang membuatnya tertarik dalam pembelajaran, NAF menekankan pentingnya suasana belajar yang menyenangkan. "Aku suka kalau pelajaran itu seru apalagi kalau ada diskusi jadi nggak terlalu kaku" ujarnya.

Konsep Diri Negatif
Namun NAF juga menghadapi beberapa kendala dalam konsep diri negatifnya. Dia mengaku sering merasa tidak mampu jika dibandingkan dengan teman-temannya. "Kadang aku mikir kenapa aku ga sepinter mereka ya?" ujarnya dengan nada rendah. Situasi ini semakin diperparah ketika dia mendapatkan nilai di bawah rata-rata. "Kalau nilainya jelek aku jadi malas buat belajar lagi karena ngerasa percuma" kata NAF.

Selain itu, ada beberapa kejadian yang membuatnya merasa kecewa di sekolah. "Waktu ulangan aku udah belajar keras tapi tetap aja nilainya ga bagus rasanya kayak ga dihargai usahany," ungkapnya. Perasaan ragu untuk mencoba hal baru juga sering muncul. "Aku takut kalau nyoba terus gagal nanti malah diketawain" tambahnya. NAF juga sering merasa jenuh saat belajar. "Kadang kalau belajarnya terlalu lama atau materinya ga menarik aku jadi gampang bosan dan susah fokus" katanya.

Melalui pengalaman-pengalamannya, NAF menunjukkan bagaimana sisi positif dan negatif dari konsep dirinya saling memengaruhi, memberikan gambaran yang jujur tentang perasaan seorang siswi SMA. Dukungan yang tepat dapat membantunya membangun kepercayaan diri dan mengatasi tantangan yang ada.

Artikel ini mengungkapkan bahwa konsep diri, baik positif maupun negatif, memainkan peran penting dalam pembentukan kepribadian dan pengambilan keputusan seseorang, terutama pada usia remaja. Pengalaman pribadi, interaksi sosial, dan dinamika emosional yang dialami individu dapat membentuk pandangannya terhadap diri sendiri. Dalam kasus NAF, kita melihat bagaimana konsep diri yang positif memberinya kekuatan untuk terus maju meskipun menghadapi tantangan, sementara konsep diri yang negatif menciptakan keraguan dan rasa kurang percaya diri. Oleh karena itu, penting bagi lingkungan sekitar, seperti keluarga dan sekolah, untuk memberikan dukungan yang positif guna membantu remaja membangun kepercayaan diri dan mengatasi perasaan negatif. Dengan memahami dan menghargai berbagai dimensi dari konsep diri ini, kita dapat lebih mendalami cara individu berkembang dan berinteraksi dengan dunia di sekitarnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun