Abstrak :
Pembelajaran tematik adalah kegiatan belajar yang paling sesuai dengan perkembangan karakteristik siswa sekolah dasar.Â
Karena pada umunya anak pada usia sekolah dasar masih berada dalam tahap berfikir operasional konkret dan belum mampu berfikir secraa abstrak.Â
Maka dari itu pembelajaran yang tepat untuk diterapakan di sekolah dasar kelas rendah, yanki harus memiliki beberapa keunggulan.Â
Berkaitan dengan itu proses pembelajran harus pula mampu menumbuhkan pemahaman sisiwa atas konsep yang dipelajarinya serta kreativitasnya dalam memaknai pembelajaran untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak tersebut.
Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Perkembangan Karakteristik, Kreativitas
PENDAHULUAN
Pembelajaran Tematik kini sudah umum untuk para siswa siswi sekolah dasar diseluruh indonesia, dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan secara merata dengan pengelola dinas pendidikan, sehingga tidak ada perselisihan atau pembedaan antara sekolah-sekolah dasar yang lainnya.Â
Ada juga beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pelaksanaannya, yakni antara lain : tenaga pendidik (guru) dan peserta didik (siswa).
Guru sebagai komponen dari sebuah sistem pendidikan berada di garada terdepan dlam menciptakan kualitas sumber daya manusia.Â
Karena guru secara langsung berhadapan dengan siswa dlam proses pembelajaran, gurulah penentu pemebentukan peserta didik yang berkualitas , baik secara akademis keahlian (skill), kematangan emosional, moral, dan spiritual.Â