Mohon tunggu...
Khoirul Taqwim
Khoirul Taqwim Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta

Peneliti Tentang Kemasyarakatan

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Menghentikan Ombak

21 Juli 2022   23:12 Diperbarui: 21 Juli 2022   23:20 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Malam gelap gulita
Kulihat gulungan ombak terus menyerangku
Aku berusaha melawan
Tanganku terus bergerak
Mencoba menghentikan ombak yang sepanjang malam membuat gaduh
Suara berdeburan menerjangku
Aku tak tinggal diam
Tanganku terus berputar tanpa henti

Malam tanpa penerangan
Aku terus menghentikan ombak
Tetapi ombak begitu kuat menerjangku bersama angin
Hingga aku terlembar ke daratan
Sampai nafasku tersengal-sengal
Ombak ini malam harus aku hentikan
Karena ombak telah menyakitiku kemarin malam
Maka ini malam aku kan hentikan
Biar ombak tahu siapa yang berkuasa di pantai ranum
Penuh dengan misteri keadaannya

Menghentikan ombak
Menjadi tujuanku kepantai ini malam
Biar ombak menerjangku tanpa belas kasihan
Namun aku akan tetap membuat ombak berhenti
Supaya ombak terukur dalam deburannya

Angin terus membantu ombak menyerangku
Namun aku tetap menggerakkan seluruh tubuhku
Supaya ombak segera berhenti
Biar di antara ombak dan aku
Mengetahui siapa di antara kita yang kuat?
Aku tetap tak menyerah terus membuat ombak kuhadang
Lewat kepalan tanganku
Aku terpental di pantai
Bahkan ombak berusaha menyeretku ketengah lautan
Namun aku dengan cekatan menghindar
Lagi-lagi ombak terus menyerangku
Bersama bala tentara angin dan badai

Menghentikan ombak
Selaksa batu karang
Kuat dan tegas
Namun aku terus terpental
Sedangkan kulihat batu karang dengan mudah menghentikan ombak
Terlihat tak ada sambat
Apalagi berat menghadapi ombak sedahsyat apapun
Aku akan tetap tak mau kalah dengan batu karang
Akan kukejar ombak itu
Lalu aku hentikan
Namun sebelum kuhentikan
Aku terpental lagi dan terlempar lagi
Terus sampai pagi
Aku berusaha menghentikan ombak
Tanpa lelah dan menyerah
Sebelum ombak benar-benar berhenti ini malam

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun