Mohon tunggu...
Khoirul Munir
Khoirul Munir Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Peneliti

Manusia bisa dihancurkan, Manusia bisa di matikan, tapi Manusia tidak dapat dikalahkan selama dia yakin dan teguh pada dirinya sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Hubungan Budaya Organisasi dan Persepsi Guru terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah Implikasinya pada Kinerja Guru SMK se Kecamatan Cikande, Serang

10 Februari 2022   06:18 Diperbarui: 10 Februari 2022   08:16 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Hubungan Budaya Organisasi Sekolah dan Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SMK di Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. 

Tujuan penelitian ini adalah mengukur hubungan yang signifikan antara budaya organisasi sekolah dengan kinerja guru; hubungan yang signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru; dan hubungan yang signifikan antara budaya organisasi sekolah dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah secara bersama--sama dengan kinerja guru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 82 orang guru SMK di Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. 

Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan analisis data menggunakan korelasi, regresi, uji t dan uji F. Hasil temuan menunjukkan hubungan yang signifikan antara budaya organisasi sekolah dengan kinerja guru dapat dijelaskan dengan nilai koefisien korelasi 0,546 dan nilai thitung sebesar 5,828 lebih besar dari > 1,993 (ttabel). 

Dimana besarnya kontribusi hubungan budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru secara signifikan sebesar 29,8%. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dapat dijelaskan dari nilai koefisien korelasinya sebesar 0,227 dan nilai thitung adalah 2,085 lebih besar dari > 1,993 (ttabel). 

Dimana kontribusi hubungan kepemimpinan kepala sekolah ditinjau dari persepsi guru dengan kinerja guru hanya 5,2%. Terdapat hubungan yang signifikan antara budaya organisasi sekolah dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah secara bersama--sama dengan kinerja guru. Hal ini dijelaskan dari nilai koefisien korelasinya sebesar 0,552 dan nilai Fhitung sebesar 17,291 > Ftabel sebesar 3,12. Dimana besarnya kontribusi hubungan budaya organisasi sekolah dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah secara bersama--sama terhadap kinerja guru sebesar 30,4%.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun