Mohon tunggu...
Khoirotun niswah
Khoirotun niswah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa pendidikan agama islam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik untuk Mengatasi Rasa Bosan dalam Proses Belajar Mengajar

24 Oktober 2023   19:56 Diperbarui: 24 Oktober 2023   20:19 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran seorang guru selain mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik guru juga berperan untuk memotivasi peserta didik agar semangat mencari ilmu dan tidak merasa bosan ketika proses belajar mengajar, peran tersebut sangatlah penting dalam kegiatan belajar mengajar agar supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal dan siswa bisa menyerap pengetahuan yang telah disampaikan oleh guru. Dari informasi yang saya peroleh di MA Darul Falah ada beberapa Guru yang sangat disegani banyak peserta didiknya karena cara mengajarnya yang tidak membosankan dan cara penyampaian materinya yang mudah dipahami.

setelah kami melakukan wawancara ternyata ada bebepara upaya yang digunakan guru tersebut diantaranya yaitu menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, metode pembelajaran yang bervariasi ini membuat siswa tidak merasa jenuh atau bosan dalam proses belajarnya dan metode yang bervariasi ini juga bertujuan agar siswa selalu termotivasi dalam kgiatan pembelajaran. Salah satu guru yang menggunakan metode pembelajaran bervariasi di MA Darul Falah ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Inggris beliau terkadang menggunakan metode game misalnya seperti lempar bola dan menyanyikan lagu barang siapa yag terkena lemparan bola setelah lagunya selesai peserta didik tersebut akan mendapatkan pertanyaan dari guru, game tersebut bisa melatih konsentrasi peserta didik agar bisa lebih fokus mengikuti pembelajaran, selain itu juga bisa menjadikan siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk memotivasi siswa dalam belajar sehingga siswa dapat menyelesaikkannya pertanyaannya dengan tuntas. 

Yang kedua upaya yang digunakan untuk mengatasi rasa bosan dalam proses belajar mengajar adalah memberikan penghargaan kepada peserta didik baik berupa nilai maupun hadiah supaya peserta didik berantusias untuk belajar dan selalu ingin menjadi yang terbaik, salah satu contoh di MA Darul Falah upaya ini digunakan oleh guru mata pelajaran fikih beliau selalu memberikan apresiasi kepada peserta didik yang unggul atau bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang beliau berikan, selain itu menurut dari beberapa informasi yang saya peroleh dari siswa, guru tersebut juga memiliki tingkat kepedulian yang sangat tinggi kepada siswanya, ketika ada siswanya yang terlihat murung maka guru tersebut akan mendekati dan bertanya jika ada masalah maka akan diberikan solusi. Sehingga guru tersebut sangat disegani dan para siswa tidak bosan ketika mengikuti jam pelajarannya. 

Kemudian upaya yang ketiga yaitu menciptaka  suasana kelas yang kondusif  nyaman aman dan mendukung proses pembelajaran dengan tata ruang sesuai yang diharapkan. Upaya tersebut dilakukan supaya peserta didik tidak merasa bosan ketika belajar didalam kelas , upaya ini pun sudah diterapkan di MA Darul Falah, ketika kegiatan class meeting di akhir semester kepala sekolah akan mengadakan lomba mendesain ruang kelas sebagus mungkin dan senyaman mungkin  sesuai yang peserta didik harapkan sehingga ia tidak merasa bosan belajar di dalam ruang kelas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun