Pendidikan Islam inklusif di Indonesia bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung dan memasukkan semua peserta didik, tanpa memandang latar belakang, kemampuan, atau keberagaman mereka. Dalam konteks ini, pendidikan inklusif Islam berusaha untuk menyediakan akses pendidikan yang setara bagi semua anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus atau berbagai latar belakang sosial.
Bagaimana pendidikan Islam inklusif berperan di Indonesia? Berikut Dijelaskan
Penerimaan Terhadap Keanekaragaman:
Pendidikan Islam inklusif di Indonesia harus menerima dan merayakan keanekaragaman masyarakat Indonesia, termasuk keberagaman etnis, bahasa, budaya, dan kondisi keberagaman lainnya.
Pembelajaran yang Diferensial:
Guru dalam pendidikan Islam inklusif perlu mampu mengadaptasi metode pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan beragam peserta didik, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus.
Aksesibilitas Fisik dan Kognitif:
Fasilitas pendidikan, termasuk bangunan sekolah, perlu dirancang untuk dapat diakses oleh semua peserta didik, termasuk mereka dengan kebutuhan fisik. Materi ajar juga perlu disesuaikan agar dapat diakses oleh peserta didik dengan berbagai tingkat kemampuan kognitif.
Pendidikan Karakter dan Etika:
Pendidikan karakter diarahkan untuk menciptakan atmosfer yang inklusif, di mana nilai-nilai keadilan, keberagaman, dan empati ditanamkan dalam setiap aspek pembelajaran.
Penyediaan Layanan Dukungan: