Mohon tunggu...
Khoeri Abdul Muid
Khoeri Abdul Muid Mohon Tunggu... Administrasi - Infobesia

REKTOR sanggar literasi CSP [Cah_Sor_Pring]. REDAKTUR penerbit buku ber-ISBN dan mitra jurnal ilmiah terakreditasi SINTA: Media Didaktik Indonesia [MDI]. E-mail: bagusabdi68@yahoo.co.id atau khoeriabdul2006@gmail.com HP 081326649770

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Contoh Bukti Fisik PKKS Part 7

30 Januari 2025   22:11 Diperbarui: 30 Januari 2025   21:15 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Khoeri Abdul Muid. S.Pd., M.Pd. (dokpri)

OLEH: Khoeri Abdul Muid, S.Pd., M.Pd.

Kepala Sekolah SD Negeri Kuryokalangan 02, Gabus, Pati

Menurut Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Nomor 7327/B.B1/HK.03.01/2023, Kepala Sekolah harus memiliki tiga kompetensi, yakni Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesional.

Salah satu subindikator Kompetensi Kepribadian adalah Kepala Sekolah harus memiliki kompetensi tentang Empati terhadap peserta didik dalam pengambilan keputusan:

Berikut adalah beberapa contoh saja dari bukti fisik yang dapat menunjukkan subindikator tersebut yang biasanya diperiksa saat Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS):

1. Dokumentasi Proses Pengambilan Keputusan yang Melibatkan Peserta Didik

  • Notulen rapat atau dokumen yang menjelaskan proses pengambilan keputusan yang mempertimbangkan kebutuhan, perasaan, dan kepentingan peserta didik.
  • Contoh: keputusan tentang perubahan jadwal pelajaran atau kegiatan ekstrakurikuler yang melibatkan pertimbangan masukan dari siswa melalui survei atau forum diskusi.

2. Bukti Keterlibatan Peserta Didik dalam Forum atau Konsultasi

  • Dokumen yang menunjukkan bahwa peserta didik terlibat dalam forum konsultasi atau diskusi dengan kepala sekolah untuk memberikan masukan terkait keputusan yang mempengaruhi mereka.
  • Contoh: surat undangan untuk siswa yang terlibat dalam forum siswa atau pertemuan dengan kepala sekolah untuk membahas kebijakan sekolah.

3. Keputusan yang Responsif terhadap Kebutuhan Peserta Didik

  • Kebijakan atau keputusan yang diambil oleh kepala sekolah yang mencerminkan perhatian dan respons terhadap situasi peserta didik, seperti penyesuaian kurikulum, bimbingan konseling, atau kebijakan disiplin.
  • Contoh: kebijakan yang memberikan fleksibilitas kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti ujian karena alasan tertentu (misalnya, kesehatan mental atau fisik).

4. Testimoni Peserta Didik atau Orang Tua

  • Testimoni tertulis atau wawancara dengan peserta didik dan orang tua yang menggambarkan bahwa kepala sekolah menunjukkan empati dalam pengambilan keputusan yang melibatkan kesejahteraan siswa.
  • Contoh: cerita dari siswa yang merasa didengarkan dan dipahami dalam pengambilan keputusan yang memengaruhi kegiatan sekolah mereka.

5. Surat atau Laporan Pengaduan yang Ditindaklanjuti

  • Bukti bahwa kepala sekolah merespons pengaduan atau keluhan dari peserta didik dengan empati, misalnya melalui surat balasan atau tindakan perbaikan.
  • Laporan yang menunjukkan bahwa keluhan siswa diatasi dengan mempertimbangkan perasaan dan kebutuhan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun