Mohon tunggu...
khilmawahdah
khilmawahdah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/ Universitas Muhammadiyah Tangerang

Saya memiliki ketertarikan pada dunia literasi. Hobi utamanya adalah membaca, baik novel dengan berbagai genre maupun buku biografi tokoh-tokoh inspiratif yang memberikan wawasan dan motivasi baru. Kepribadian saya cenderung reflektif, penuh rasa ingin tahu dan senang mendalami cerita maupun pelajaran hidup dari berbagai perspektif.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Produk, Jasa dan Karakteristiknya

29 Desember 2024   13:35 Diperbarui: 29 Desember 2024   13:35 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto presentasi kelompok 1 

A. pengertian produk dan jasa

Produk adalah barang berwujud yang dapat dilihat, dirasakan, dan digunakan oleh konsumen. contoh nya seperti makanan, pakaian dan elektronik. Jasa adalah layanan tidak berwujud yang ditawarkan kepada konsumen, seperti layanan kesehatan, pendidikan, dan transportasi.

Produk jasa memiliki beberapa karakteristik, di antaranya:

  • Intangibility (Tidak Berwujud): Tidak dapat dilihat, disentuh, atau dirasakan sebelum dibeli.  
  • Inseparability (Tidak Terpisahkan): Produksi dan konsumsi jasa berlangsung secara bersamaan.  
  • Variability (Bervariasi): Kualitas jasa bergantung pada siapa yang memberikan layanan dan di mana.  
  • Perishability (Mudah Hilang): Jasa tidak dapat disimpan untuk digunakan di masa depan.

B. Mengapa strategi penetapan merek penting dalam produk jasa?

1. Membedakan Diri dari Kompetitor

Dalam pasar jasa yang semakin kompetitif, strategi penetapan merek membantu perusahaan untuk membedakan diri dari para pesaing. Jasa sering kali tidak berwujud, sehingga konsumen sulit untuk membandingkan kualitas hanya berdasarkan penampilan fisik. Dengan menciptakan merek yang kuat dan unik, perusahaan dapat menonjol di antara kompetitor dan menarik perhatian konsumen.

2. Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan

Dalam industri jasa, di mana kualitas dan pengalaman konsumen sangat penting, merek yang dikenal dan dihormati dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Konsumen cenderung memilih merek yang sudah mereka kenal dan percayai, terutama saat memilih layanan yang melibatkan investasi waktu dan uang.

3. Mengkomunikasikan Nilai dan Kualitas

Penetapan merek yang baik memungkinkan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai dan kualitas jasa yang ditawarkan, perusahaan dapat menyampaikan janji merek mereka kepada pelanggan. Hal ini sangat penting dalam industri jasa, di mana konsumen ingin memastikan bahwa mereka mendapatkan nilai yang baik untuk uang mereka. Dengan menunjukkan konsistensi dalam penyampaian nilai, perusahaan dapat menguatkan persepsi positif terhadap merek mereka.

4. Menarik Segmen Pasar Tertentu

Dengan memahami audiens target dan menciptakan merek yang resonan dengan kebutuhan dan preferensi mereka, perusahaan dapat mengembangkan ikatan emosional yang kuat. Misalnya, merek yang menonjolkan keberlanjutan dan tanggung jawab sosial dapat menarik konsumen yang peduli terhadap isu-isu lingkungan.

5. Memfasilitasi Ekspansi dan Diversifikasi

merek yang kuat memudahkan perusahaan untuk melakukan ekspansi dan diversifikasi layanan. Ketika perusahaan sudah memiliki reputasi yang baik, mereka dapat memperkenalkan layanan baru di bawah merek yang sama tanpa harus memulai dari awal.

c. Bagaimana strategi yang efektif dalam penetapan merek untuk produk jasa?

  • Brand Positioning (Posisi Merek)
  • Brand Identity (Identitas Merek)
  • Pengalaman Merek (Brand Experience)
  • Diferensiasi Jasa
  • Pemanfaatan Media Digital

Artikel disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pemasaran oleh Kelompok 1 Kelas CD (Pagi)

Prodi Manajemen Semester 3 Universitas  Muhammadiyah Tangerang

Dosen Pengampu : Dian Esha, S.E., M.M.

Anggota : Khilma Wahdah (23612010465) 

                     Armelya Az Zahra (23613010135)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun