Mohon tunggu...
khiliah navis
khiliah navis Mohon Tunggu... Ahli Gizi - d4 analis kesehatan UNUSA

MENJADI MANUSIA YANG MENJUNJUNG LITERASI

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kampus Rahmatal Lil 'Alamin

5 Januari 2021   13:00 Diperbarui: 5 Januari 2021   13:28 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Halo sobat kompasiana ! Kali ini saya akan membahas seputar kampus yang menarik untuk kita bahas kali ini. Kampus ini berada di Surabaya, tepatnya di Jl. Jemursari nomor 57, Jemur Wonosari, Wonocolo, Surabaya. Kampus ini adalah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. UNUSA adalah salah satu universitas yang dimiliki oleh salah satu lembaga di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama. 

Sejarah dari UNUSA adalah dari tahun 1979 universitas ini memiliki nama Sekolah Perawat Kesehatan, lalu berkembang pada tahun 1985 itu berdiri atau diganti nama menjadi Akademi Keperawatan , kemudian berkembang lagi menjadi Akademi Kebidanan pada tahun 1997, dan terus berkembang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang asalnya dari dua nama sebelumnya pada tahun 2006, dan berubah nama lagi menjadi Nahdlatul Ulama Surabaya pada tahun 2013 hingga sekarang. Nah, saya merupakan salah satu mahasiswa D4 Analis Kesehatan dari Universitas nahdlatul Ulama Surabaya tahun angkatan 2020.

Awal ketertarikan saya terhadap kampus ini adalah ketika pihak UNUSA berkunjung di sekolah saya.Disitu saya tidak pernah berpikir dan tidak pernah terbayang akan bisa kuliah disana. Namun, saya mulai tertarik ketika saya disodorkan buku tentang UNUSA. Disitu saya berminat dengan salah satu prodi di sana yaitu Analis Kesehatan. Kesukaan saya terhadap bidang studi kimia dann kesehatan, membawa saya untuk memutuskan pilihan di UNUSA. Namun, sebelum itu, saya juga pernah mengikut salah satu seminar kemitraan yang diadakan bentuk kerja sama UNUSA dengan pihak luar. Seminar itu adalah OPOP, dimana saya adalah salah satu perwakilan yang dipilih oleh sekolah menjadi perwakilan untukmenghadiri seminar tersebut. Dan jujur kaget, dengan luasnya auditorium yang dimiliki UNUSA. Karena sangat luas, besar dan full AC. Saya ingin sekali masuk dan berkunjung di perpustakaan milik UNUSA, namun pada saat itu perpustakaan UNUSA di lantai satu sedang tutup. Beberapa alumni dari sekolah saya juga melanjutkan kuliahnya di UNUSA dan respon mereka tentang kampus sangat baik. Mereka mendukung langkah saya untuk melanjutkan masa mencari ilmu di UNUSA dan menyetujui saya masuk ke prodi D4 Analis kesehatan dan juga memberi masukan agar saya tidak salah mengambil keputusan. 

Di UNUSA ini memiliki beragam keunikan yang membuat saya akhirnya tertarik dan melanjutkan study di sini, diantaranya :

1. Unusa memiliki 2 kampus yang saling berdekatan. Kampus A adalah salah satu unit universitas yang dimiiki UNUSA. Kampus A adalah tempat study bagi mahasiswa prodi Keperawatan dan juga Kebidanan, baik sarjana maupun diploma. Kampus B terletak di Jl. Jemursari nomor 57, Jemur Wonosari, Wonocolo, Surabaya. Di kampus B adalah unit UNUSA untuk bidang study Analis Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Bahasa Inggris, PGSD, Kedokteran, Manajemen, dan k3

2. Keunikan yang kedua adalah masing -masing unit kampus baik kampus A ataupun kampus  B memiliki rumah sakit tepat disekitar kampus. Jadi untuk para mahasiswa kesehatan, adanya rumah sakit yang juga dimiliki oleh lembaga Nahdlatul Ulama ini sangat menguntungkan. Setelah kita lulus dari kampus kita bisa bekerja di rumah sakit tersebut. 

3. Memiliki laboratorium yang bagus, peralatan yang memadai dan kebersihan lab yang terjaga. Tentu ini adalah sebuah hal yang menarik untuk kita ketahui, pastinya dengantempat yang bersih, pe4ralatan yang lengkap maka mahasiswa dan dosen pengajar akan merasa nyaman untuk mengajar ataupun melakuka kegiatan praktikum di dalam laboratorium. UNUSA  memiliki  5 laboratorium diantaranya : laboratorium mikrobiologi, laboratorium   hematologi, laboratorium imuniologidan kimia klinik, laboratorium biologi molekuler, dan laboratorium kimia kesehatan. 

4. Memiliki dosen pengajar yang profesional. Dosen di UNUSA sangat disiplin tentang kebersihan, disiplin tentang proses mengajar dan disiplin tentang menjaga peralatan kampus

5. Auditorium yang besar sekaligus luas. Oh iya, yang bikin aku takjub pertama kali di UNUSA adalah ketika aku lihat auditoriumnya. Karena tahun 2020 dahulu aku diundang sebagai perwakilan sekolah SMA ku dalam menghadiri seminar OPOP atau One Pesantren One Product atau semacam seminar bisnis khusus bagi pesantren yang ada di Indonesia. Auditorium serasa mau menonton bioskop karena luasnya dan full AC. 

6. UNUSA banyak mengadakan event seperti seminar kesehatan atau motivasi, dimana itu membantu kita dalam pembelajaran lebih dalam, yang pastinya dengan para ahli 

7. Semua mahasiswa yang kuliah di UNUSA akan mendapatkan tab gratis sebagai penunjang pembelajaran dan memudahkan kita dalam pembelajaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun