Mohon tunggu...
Khikmiyah Miyah
Khikmiyah Miyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Perkenalkan nama saya khikmiyah Nur Aini,saya mahasiswi semester 3 IAIN Ponorogo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membangun Karakter Positif Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Nilai, Perspektif Psikologi Pendidikan

23 November 2024   10:00 Diperbarui: 23 November 2024   10:01 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan berbasis nilai untuk membangun karakter positif siswa merupakan proses yang rumit namun penting. Psikologi pendidikan memberikan kerangka kerja yang efektif. Pertama, perkembangan moral dan sosial siswa bertahap dan dipengaruhi oleh keluarga, sekolah, dan lingkungan; pendidikan nilai bertujuan menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran dan empati. Kedua, teori belajar sosial Bandura menekankan pentingnya model dan lingkungan; guru dan orang tua berperan sebagai model. Ketiga, motivasi dan perilaku siswa saling terkait; lingkungan belajar yang suportif dan menantang penting. Keempat, pengalaman langsung melalui kegiatan ekstrakurikuler dan proyek sangat berharga. Kelima, kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat sangat krusial. Terakhir, evaluasi dan refleksi berkala memastikan efektivitas program. Singkatnya, pendekatan komprehensif dan berkelanjutan dibutuhkan untuk membangun karakter siswa yang positif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun