Bogor - Kelompok Mahasiswa Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB University melakukan pelatihan Branding dan E-commerce (Brecommerce) pada usaha Mocaf Setia dan pelaku UMKM Desa Cikarawang pada Kamis, 25 April 2024 lalu. Kegiatan pelatihan ini diadakan dengan tujuan agar ibu-ibu kelompok wanita tani dan pelaku UMKM yang ada di Desa Cikarawang dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan jual beli online yang populer di masyarakat.Â
Kegiatan ini diikuti sekitar kurang lebih tujuh puluh ibu-ibu yang diantaranya terdiri dari anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) dan ibu-ibu pelaku UMKM, ataupun yang sedang ingin merintis usahanya di Desa Cikarawang. Antusiasme ibu-ibu sangat terasa ketika pelatihan dimulai dengan pengisian pre-test untuk mengukur seberapa jauh materi yang dimiliki oleh ibu-ibu di Desa Cikarawang mengenai Instagram dan TikTokShop.Â
Menariknya lagi, sebelum sesi pemaparan materi dimulai, Bapak Ujang, selaku Ketua Kelompok Tani Setia Desa Cikarawang mengajak ibu-ibu dan peserta lainnya untuk meningkatkan fokus melalui permainan instruksi yang diciptakan olehnya sendiri. Setelah itu, barulah pemberian materi tentang branding usaha melalui Instagram lalu disertai dengan teknik photo produk yang benar diberikan kepada peserta.Â
Pada sesi ini, Bapak Ujang, yang juga turut memfasilitasi kegiatan ini, tentu saja turut bersemangat dalam mempraktekkan teknik foto produk yang benar. Selain itu, Bapak Ujang juga menuturkan bahwa pelatihan ini sangat berguna karena sangat membantu pelaku usaha ataupun anggota KWT untuk menyusun langkah awal berbisnis di era globalisasi.Â
Tak sampai disitu, peserta pelatihan juga diberikan informasi terkait TikTokShop yang saat ini menjadi salah satu platform jual beli online populer di Indonesia. Â Pada sesi ini, peserta disuguhkan materi bagaimana cara mendaftarkan usaha di TikTokShop, cara mengoptimalkan penjualan, hingga fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk kepada pengguna TikTok.
mereka memiliki keingintahuan yang tinggi mengenai fitur-fitur yang dapat digunakan di TikTok untuk membuat konten hingga ingin mendaftar TikTokShop saat itu juga.Â
Semua keseruan hati itu berjalan dengan lancar dengan ditutup oleh sesi doa dan foto bersama, semua peserta saling bersalaman satu sama lain dan beberapa diantaranya secara langsung mengucapkan terimakasih atas diselenggarakannya pelatihan Brecommerce dengan praktek secara langsung untuk membuat konten.
Bukan sekedar mendapatkan materi mengenai branding produk di Instagram dan TikTok, ibu-ibu juga diajak secara langsung mempraktekkan bagaimana cara membuat konten promosi yang kreatif di aplikasi TikTok dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah tersedia seperti filter, efek kecantikan, dan lain-lain. Antusiasme ibu-ibu di Desa Cikarawang tergambarkan ketikaÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H