Pernahkah kamu mendengar istilah impression. Terutama dalam konteks digital marketing, maupun digital pada website lainnya. Istilah impression bukan hal baru. Jadi, apa yang dimaksud dengan impression itu sebenarnya? Impression bisa diartikan sebagai suatu metric yang mengukur jumlah tayangan konten maupun halaman pada sebuah website.
Impression bisa diperoleh, setiap kali konten yang telah dibuat atau dipublish berpotensi terlihat dan dilihat audience. Diera digital seperti sekarang, apalagi bagi seseorang yang memiliki profesi atau karirnya berkaitan dengan digital, seperti content creator dan digital marketer. Sangat penting untuk bisa paham dan mengerti tentang impression. Semakin baik seseorang dalam memahami atau memiliki pengetahuan tentang impression, semakin baik pula kualitas konten yang akan dibuatnya.
Nama lain  impression, diantaranya, "tayangan." Tayangan atau impression juga bisa diartikan sebagai berapa banyaknya jumlah link website yang ditampilkan pada halaman hasil pencaharian. Apabila tautan berada di bawah halaman hasil, pengguna tidak menggulir ke bagian bawah halaman, ini disebut dengan tayangan atau impression.
Di dalam konteks digital marketing misalnya, impression dipandang sangat penting. Melalui impression, seseorang bisa memperoleh wawasan terkait berapa jumlah tayangan sebuah konten. Umumnya, setiap kali konten muncul di layar user atau pengguna, maka itu akan dihitung sebagai impression. Impression bisa didapatkan juga melalui berbagai platform, misalnya email, website, media sosial, maupun berbagai jenis iklan.
Jenis-jenis impressionÂ
1. Advertising Impression
Advertising impression adalah jumlah total tayangan pada konten iklan online yang dibuat dalam jaringan tertentu.
2. Page Impression
Page Impression ini dihitung jika konten berhasil dimuat pada sebuah halaman. Akan tetapi, jika halaman tersebut tidak berhasil memuat, meskipun karena kesalahan jaringan, maka impression tidak akan dihitung.
3. Ads Impression
Ads Impression adalah tayangan yang dihitung jika pada saat iklan dimuat atau publish di halaman sebuah situs website tertentu.
4. Social Media Impression
Social Media Impression yaitu berupa tampilan media maupun konten oleh pengguna lain di platform media sosial.