Hallo kembali lagi dengan saya Khasanah Nur Fauzi mahasiswa dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta jurusan Ilmu Komunikas NIM 1900030340. Dikesempatan hari ini saya akan menulis perkembangan dunia content  creator saat ini, terutama di Indonesia. Sebelumnya apa sih definisi content creatorr itu? Menurut  HubSpot, content creator adalah orang -- orang yang membuat materi (konten) yang memiliki nilai edukasi dan hiburan. Materi ini juga kelak disesuaikan dengan keinginan atau ketertarikan dari para audience.  Bentuk materinya bermacam -- macam, bisa berupa foto, video, artikel blog, hingga infografik.
Pasti kalian pernah melihat seseorang sedang membuat video di youtube, atau seseorang yang mengunggah foto atau video di feeds instagram, yang ditujukan untuk khalayang banyak bersifat untuk edukasi ataupun hiburan bukan? Ya mereka adalah content creator. Tidak hanyak di youtube atau instagram saja, namun para content creator juga membagikan konten mereka melalui media sosial lainnya seperti facebook, tiktok, twitter, blogger.
Seperti yang kita ketahui pertumbuhan media konvesional ke media digital yang kian pesat. Di era millennial ini, masyarakat semakin dimudahkan dalam berkarya dan mengekspresikan karyanya. Karena akese yang mudah, hal ini berdampak pada banyak munculnya creator baru. Bahkan taka asing lagi jika banyak anak kecil, atau remaja yang sekarang jika ditanya apa cita -- cita mereka, salah satu dari mereka pasti ada yang menjawab "aku ingin menjadi youtuber" "aku ingin menjadi selebgram". Hal ini tertanam dipikiran anak -- anak sekarang karena sehari -- hari mereka menonton youtube, melihat instagram dan terinspirasi untuk menjadi content creator seperti idola mereka.
Menggapa sekarang banyak orang yang tertarik menjadi seorang content creator? Karena tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini kita butuh yang namanya konten, entah itu konten untuk tujuan hiburan maupun konten untuk tujuan edukasi. Para conten creator hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Mereka berlomba -- lomba membuat konten yang menarik, unik, beda daripada yang lain, untuk menarik perhatian para audience.
Apakah kalian ingin menjadi seorang content creator? Akun akan memberikan tips nih buat kalian. Pilih passion yang ingin kalian geluti, tips aku nih ya, kalian memilih sesuai dengan passion diri kalian, jangan memilih passion yang bukan bidang kalian. Kalau kalian jago masak, kalian bisa membuat konten masak memasak, jika kalian jago make up, kalian juga bisa membuat konten tentang make up, atau bisa juga review produk make up. Â Kedua selalu up to date tentang perkembangan.Â
Kalau kalian ingin menarik audience yang banyak, maka kamu perlu up to date tentang perkembangan tren saat ini. Â Misal kamu seorang content cretor dibidang memasak, kalian bisa mengikuti trend makanan yang lagi hitz, viral di media sosial.Â
Contoh saat ini yang lagi viral adalah salmon mentai rice, hal itu bisa menjadi ide kalian untuk membuat konten, namun jangan lupa memberika hal yang membuat audience tertarik untuk menontonnya, seperti "resep salmon mentai rice tanpa oven, enak anti gagal" Â hal itu bisa menarik audience yang banyak, karena audience pasti lebih tertarik untuk melihat, karena resep salmon metai rice yang tidak menggunakan oven, hal itu memudahkan para audience yang tidak mempunyai oven untuk membuatnya tanpa effort yang besar. Yang ketiga adaah, jadilah diri sendiri, ditengah persaingan yang ada di dalam dunia perkontenan, kamu harus membuat personal brand diri kamu sendiri, jangan ikut -- ikutan orang lain. Yang keempat adalah konsisten. Walaupun banyak contenct creator saat ini yang bermunculan, tidak semua dari mereka akan bertahan. Tidak semua hal yang kita inginkan langsung terwujud. Menjadi content creator yang besar perlu banyak usaha, dan yang penting konsisten mempublikasikan konten yang berkualitas.
Banyak contenct creator yang ada saat ini. Berbagai macam konten yang mereka sajikan untuk audience, dari hal -- hal positif, hingga konten yang negatif. Kita harus bisa memilah mana yang baik untuk kita.Â
Karena apa yang kita konsumsi bisa mempengaruhi kita. Dan juga bagi para content creator harus sadar, bahwa mereka menarik banyak audience, apa yang mereka sajika akan berdampak pada audience, maka dari itu mereka sebaiknya menyajikan konten yang bermanfat, menghibur. Jangan karena ingin menarik audience, para contenct creator menyajikan konten ekstrim, merugikan orang lain, membahyakan diri nya sendiri, atau ujaran kebencian.
Untuk menyehatkan produksi perkontenan di Indonesia, para content creator bisa menbuat konten yang bermanfaat bagi para audience, seperti konten tentang mengenal budaya Indonesia lebih dalam, mengeksplor tempat -- tempat indah di Indoesia, sejarah bangsa Indonesia, dan masih banyak ide -- ide lainnya. Para content creator juga harus membungkus konten tersebut dengan sentuhan yang menark agar menarik banyaknya audience.Â
Selain itu juga para content creator Indonesia bisa mengadakan kalaborasi dengan lembaga -- lembaga di Indonesia, seperti contohnya Indonesia Travel untuk bagian konten wisata di Indonesia. Hal itu bisa membuat dampak positif terhadap turis dan kreatif ekonomi di Indonesia, selain itu pasti konten yang diciptakan juga bermanfaat bagi para audience.