Mohon tunggu...
Kharisma Ninggar
Kharisma Ninggar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Slamet Riyadi

Hello, saya Kharisma Ninggar. Hobi saya membaca dan menulis sejak duduk di bangku sekolah dasar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mahasiswa UNISRI Lakukan Magang Kerja di Disnaker Kota Surakarta: Belajar Langsung di Lapangan

18 Desember 2024   19:47 Diperbarui: 18 Desember 2024   19:47 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa magang UNISRI dan Dosen Lapangan di depan Dinas Ketenegakerjaan Kota Surakarta

Mahasiswa UNISRI Lakukan Magang di Disnaker Kota Surakarta: Belajar Langsung di Lapangan

 

SURAKARTA-Magang kerja adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa, untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman untuk nanti menjadi bekal dalam memasuki dunia kerja. Dalam dunia kerja nantinya dibutuhkan keterpaduan antara pengetahuan akan teori yang telah didapatkan dari bangku perkuliahan dan pelatihan praktik di lapang guna memberikan gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya.

Magang Kerja merupakan bentuk perkuliahan melalui kegiatan bekerja secara langsung di dunia kerja. Magang Kerja ini merupakan suatu kegiatan praktik bagi mahasiswa dengan tujuan mendapatkan pengalaman dari kegiatan tersebut, yang nantinya dapat digunakan untuk pengembangan profesi.

Magang kerja ini dilaksanakan di Dinas Tenaga Kerja Kota Surakarta selama 7 pekan, dilaksanakan secara berkelompok dengan jumlah 6 orang yang masing-masing dibagi untuk ditempatkan di 3 bidang, yaitu Bidang PPTK (Perencanaan dan Produktivitas Tenaga Kerja), Bidang Sekretariat dan Bidang HI (Hubungan Industrial).

Kegiatan mahasiswa di bidang PPTK selama magang adalah mencetak kartu kuning/AK 1 bagi pencari kerja yang membutuhkan dan memberi legalisir. Kartu kuning/AK1 ini adalah kartu tanda pencari kerja, terdapat instansi yang mewajibkan pelamarnya untuk mempunyai kartu kuning/AK1 sebagai persyaratan untuk melamar pekerjaan di instansi tersebut baik transmigran dan CPMI pun membutuhkan kartu kuning/AK1 juga. Kartu kuning/AK 1 didapat dari calon pencari kerja yang sudah mendaftar online lewat web E-Makaryo, dengan mengisi data-data sesuai identitas maka kartu dapat dicetak dan disetujui oleh pegawai pengantar kerja.

Di bidang PPTK juga memberikan pelayanan bagi Masyarakat di Kota Surakarta yang membutuhkan informasi terkait lowongan kerja. Informasi lowongan kerja yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Selain itu kami juga di beri tugas untuk membantu pengecekan kelengkapan berkas-berkas terkait verifikasi data CMPI (Calon Pekerja Migran Indonesia), di mana data-data tersebut harus sesuai dengan ketentuan dan harus diketahui oleh kedua pihak.

Lalu pada bidang sekretariat, kami diberi tugas yang berkaitan dengan surat-menyurat seperti diberi tugas untuk membuat nomor surat keluar, menyortir surat masuk dan surat undangan, mengecek surat masuk di aplikasi Srikandi dan memasukkan asrip surat masuk ke dalam aplikasi Si Mardi dan juga membantu menulis agenda luar bagi Kepala Dinas dan pegawai Disnaker.

Sedangkan pada bidang HI, kami diberikan tugas untuk membantu scan laporan PHK dan PKWT, lalu ikut serta dalam proses mediasi antara pengadu dengan Perusahaan terkait, juga membantu mengarsip data-data yang berkaitan dengan pekerja/buruh dan mengedit data-data terkait tugas pada bidang HI.

Selama magang berlangsung, kendala yang dihadapi hanya terdapat pada koneksi internet pada bidang PPTK sehingga mengalami keterlambatan saat pengoperasian aplikasi dan membuat kinerja kami kurang maksimal dalam pelayanan kepada pencari kerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun