Mohon tunggu...
Khalisha AnjainaAzka
Khalisha AnjainaAzka Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Tahun 219

Mahasiswi KKN Tim II Universitas Diponegoro Periode 2021/2022 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Tahun 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Undip Tim II 2022: Memulai Green Marketing untuk Mendukung SDG's pada UMKM di Kelurahan Tinjomoyo

12 Agustus 2022   13:49 Diperbarui: 12 Agustus 2022   14:04 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tinjomoyo, Banyumanik, Semarang (11/08/2022) - Mahasiswi anggota KKN Undip Tim II Tahun 2022, Khalisha Anjaina Azka (21) Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik telah mengadakan sosialisasi edukasi green marketing pada UMKM Lumintu Kelurahan Tinjomoyo, Kota Semarang pada Rabu (20/7) berupa membagikan poster serta reusable bag dan kemasan ramah lingkungan sebagai awal untuk memulai penerapan green marketing pada usaha mereka.

Program edukasi green marketing pada UMKM ini menjadi salah satu program monodisiplin yang diberikan pada UMKM Lumintu di Kelurahan Tinjomoyo selaras dengan SDG's ke-12 yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab serta SDG's ke-13 yaitu penanganan perubahan iklim.

Dokpri
Dokpri

Di Indonesia, sampah plastik menjadi limbah terbesar kedua diantara limbah lainnya dimana rata-rata merupakan limbah kemasan produk sekali pakai. Pengelolaan sampah plastik di Indonesia sendiri masih terbilang cukup rendah dilihat dari sulitnya plastik untuk terurai serta jumlah limbah plastik yang terus meningkat tiap harinya.

Dari permasalahan tersebut, muncul cara pengurangan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya pada sektor ekonomi, mulai diterapkannya penggunaan kemasan ramah lingkungan yang dapat didaur ulang (recycle) atau digunakan kembali (reusable) melalui Green Marketing. Green Marketing yaitu kegiatan pemasaran yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, dengan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Pada program edukasi Green Marketing ini, peserta yang turut berpartisipasi sebanyak 8 orang pemilik UMKM di Kelurahan Tinjomoyo. Mahasiswi berkeliling untuk membagikan poster, reusable bag, dan kemasan ramah lingkungan serta memberikan edukasi terkait green marketing pada para UMKM.

Antusiasme para pemilik UMKM terhadap program ini sangatlah baik dan positif, dimana beberapa pemilik UMKM Lumintu Tinjomoyo sudah menggunakan kemasan ramah lingkungan pada produk kemasan mereka. Bagi UMKM yang belum menerapkan, mereka turut bersemangat untuk menerapkan green marketing pada usaha mereka dimana setelah menerima reusable bag dan kemasan ramah lingkungan, mereka langsung menggunakannya pada produk mereka.

Dari program edukasi Green Marketing pada UMKM Lumintu di Kelurahan Tinjomoyo ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pemilik usaha untuk mulai mengurangi penggunaan plastik dengan mengganti kemasan produk mereka menjadi kemasan yang lebih ramah lingkungan, sehingga dapat membantu mengurangi limbah plastik di Indonesia yang sulit untuk dikelola.

Penulis: Khalisha Anjaina Azka Athiyya - 14030119190163
DPL: Retna Hanani, S.Sos, MPP
S1 Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun