Mohon tunggu...
Khaliqi Al Kharidi
Khaliqi Al Kharidi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mahasiswa IAIN LANGSA Prodi Ilmu Hadis, saya mempunyai Hobi Mengaji dan membaca kitab-kitab, Konten yang saya ajukan adalah Pengajian Ilmu Agama

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jurnal Reflektif, Pengajaran Ilmu Aqidah melalui Kitab Kifayatul Awam di Desa Alur Alim

29 Agustus 2024   16:46 Diperbarui: 29 Agustus 2024   16:49 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKN Melayu Serumpun Posko 12 Melakukan Kegiatan Pengajian Ilmu Aqidah melalui Kitab KIFAYATUL AWAM/dokpri

Selama masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam program Melayu Serumpun, Saya Khaliqi Al Kharidi Mahasiswa Prodi ilmu hadis IAIN Langsa diberi tanggung jawab untuk mengajarkan ilmu aqidah kepada masyarakat Desa Alur Alim kec. seruway Kab. Aceh Tamiang, Pengajaran ini saya lakukan melalui pengajian kitab Kifayatul Awam, yang saya pilih karena kesederhanaannya dalam menyampaikan konsep-konsep dasar aqidah dengan jelas dan mudah dipahami.

Pengalaman ini merupakan kesempatan berharga untuk menerapkan pengetahuan yang saya peroleh selama perkuliahan dalam konteks nyata. Saya memulai kegiatan dengan persiapan mendalam mengenai materi Kifayatul Awam dan menyesuaikan metode pengajaran agar sesuai dengan latar belakang pengetahuan Masyarakat di desa.

Dalam proses pengajaran, saya menghadapi berbagai tantangan. Perbedaan tingkat pemahaman di antara peserta memerlukan penyesuaian dalam cara penyampaian materi. Selain itu, Saya juga harus mempertimbangkan waktu dan kesibukan sehari-hari masyarakat yang beragam. Untuk mengatasi tantangan ini, saya menerapkan pendekatan yang lebih interaktif dan menggunakan contoh-contoh praktis yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Melalui pengalaman ini, saya belajar banyak tentang cara efektif dalam menyampaikan ilmu aqidah dan pentingnya adaptasi dalam proses pengajaran. Saya menyadari bahwa komunikasi yang baik dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan peserta sangat penting dalam memastikan bahwa materi yang diajarkan dapat diterima dan diterapkan dengan baik.

Secara keseluruhan, kegiatan KKN ini memberikan wawasan baru mengenai pengajaran dan pengembangan komunitas. Saya berharap bahwa pengetahuan yang Saya berikan dapat memperkuat pemahaman agama masyarakat Desa Alur Alim dan memberikan dampak positif dalam kehidupan spiritual mereka. Pengalaman ini juga memperkaya Saya dengan pengalaman praktis yang berharga dalam berkontribusi kepada masyarakat melalui pendidikan agama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun