Mohon tunggu...
M Khalif Naufal
M Khalif Naufal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mentor dan Mentoring

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mentor dan Mentoring

11 Januari 2023   19:07 Diperbarui: 11 Januari 2023   19:09 333
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mentor dan Mentoring

          Seorang mentor adalah seseorang yang memiliki lebih banyak pengetahuan dan pengalaman dan dapat membantu kita belajar lebih banyak di bidang tertentu. Mentoring adalah cara bagi orang yang berpengalaman untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dengan orang yang baru dalam pekerjaan itu. Mentoring adalah cara untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada seseorang saat mereka belajar dan tumbuh. Mentor memberikan umpan balik yang konstruktif, mengajari peserta bagaimana meningkatkan keterampilan mereka. Seorang mentor adalah orang yang memiliki pengalaman lebih dari kita belajar dan mencapai tujuan kita. Hubungan ini bermanfaat bagi kita karna dapat belajar dari satu sama lain. Mentoring adalah cara membantu seseorang belajar dengan memberikan dukungan dan nasihat. Itu bisa terjadi antara seseorang yang baru di organisasi atau kelas dan orang yang lebih berpengalaman, atau antara dua siswa yang sudah berteman. Mentor dapat membantu peserta  menjadi lebih mandiri dan sukses. Kegiatan in dirancang untuk membantu kita belajar tentang sistem dan cara kerjanya. Ini akan membantu kita merasa percaya diri dan bangga, serta mengetahui cara memecahkan masalah.

          Kondisi Empiris : Program Mentor membantu para mentor membantu peserta mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan untuk berhasil melaksanakan tugasnya. Pengawas adalah orang yang ditugaskan untuk membantu orang-orang yang mengikuti latsar. Seorang mentor adalah seseorang yang membantu Anda belajar dengan memberikan bimbingan dan dukungan. Mereka biasanya bekerja dengan Anda secara pribadi, tetapi juga bisa menjadi konselor atau pelatih. Jika supervisor berperan sebagai coaching maka metode pendampingan yang digunakan adalah coaching, jika supervisor berperan sebagai teknik pendampingan maka metode pendampingan dilakukan dengan menggunakan teknik pendampingan, dan jika supervisor berperan sebagai penyuluhan maka metode konseling dilakukan dengan menggunakan teknik konseling. Hal ini berbeda dengan yang dimaksud dalam Perpres No. Tanggal 12 tahun 2018 merupakan tanggal yang spesial karena merupakan awal tahun yang baru. Peraturan pemerintah nomor adalah sesuatu yang penting karena memberitahu kita bagaimana menjalani hidup kita. Penting untuk mengikuti peraturan pemerintah nomor karena itu ada untuk membantu kita. Pada tahun 2021, akan ada satu set angka baru yang disebut 2021. Angka-angka ini akan datang dalam berbagai bentuk, termasuk angka dan turunannya.

Studi ini bukan tentang mengembangkan model pembinaan, tetapi melihat kondisi empiris di lapangan seputar peran seorang mentor dalam membantu orang mencapai tujuannya. Mentor yang dimaksud membantu peserta untuk lebih berkompeten dalam merancang dan melaksanakan aktualisasi, berdasarkan kondisi nyata di lapangan dalam studi kasus diklat dasar PNS di BPSDM Aceh. Kajian yang disebutkan sebelumnya dilakukan pada program pelatihan kepemimpinan, sedangkan yang satu ini dilakukan pada pelatihan dasar. Hal ini menunjukkan bahwa rancangan yang telah direncanakan untuk diimplementasikan benar-benar akan dilaksanakan pada penugasan individu. Studi ini melihat seberapa baik desain dan implementasi proyek berjalan. Hasil tersebut berasal dari penilaian para evaluator saat seminar desain dan hasil aktualisasi. Hasil evaluasi akan di cross check dengan wawancara kepada pembimbing (pelatih) dan pembimbing langsung peserta yang bersangkutan untuk mengetahui kompetensi peserta.

          Konsep Teori : Dari sini dapat disimpulkan bahwa pendampingan adalah proses perbaikan diri, dilakukan dalam hubungan interpersonal, dan dalam pendidikan dan pekerjaan, dengan bantuan pendekatan emosional antara mentor dan peserta mentoring. Definisi ini dapat mendefinisikan karakteristik pendampingan sebagai kerangka umum untuk memahami pentingnya pendampingan dapat diidentifikasi,  mencerminkan hubungan unik antar individu.  kemitraan pembelajaran. Meskipun tujuan pendampingan dapat bervariasi dalam pengaturan dan hubungan yang berbeda, hampir semua hubungan pendampingan melibatkan perolehan pengetahuan, adalah proses yang ditentukan oleh jenis dukungan yang diberikan mentor kepada peserta mentoring dan  bersifat timbal balik tetapi tidak seimbang. Sementara mentor dapat memperoleh manfaat dari hubungan tersebut, tujuan utamanya adalah pertumbuhan dan perkembangan.

          Implementasi di Indonesia : Mentoring membantu seseorang belajar dengan memberikan nasihat, dukungan, dan bantuan dalam proses pembelajaran. Mentor yang baik bisa menjadi penasihat, panutan, pelatih, pemecah masalah, dan guru sekaligus. Beberapa kualitas yang baik untuk seorang mentor yang baik adalah ramah, memiliki selera humor yang baik, sabar, dan memiliki keterampilan interpersonal yang sangat baik. Mereka juga harus sangat baik dalam pekerjaan mereka. Membangun hubungan mentoring yang baik itu sulit. Anda harus sabar dan pengertian dengan peserta mentoring Anda, dan pastikan hubungan itu produktif. Seorang mentor dan mentee harus dapat saling berkomunikasi dan menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif untuk berlangsungnya pembelajaran. Ketika hubungan mentoring baik, kedua orang saling percaya dan terbuka serta jujur satu sama lain. Jika Anda dan mentor Anda telah menyetujui apa yang ingin Anda capai bersama, itu akan membantu Anda merasa lebih nyaman dan Anda akan mendapatkan pemahaman materi yang lebih baik.

Referensi

Ananda. (2022, February 16). Mengenal mentoring: Pengertian, Ciri, Manfaat, Dan Contoh Mentoring. Best Seller Gramedia. Retrieved November 22, 2022, from https://www.gramedia.com/best-seller/mentoring/

Bragge, L. (2007). Http://press-files.anu.edu.au/downloads/press/p96761/pdf/ch0711.pdf. Conflict and Resource Development: In The Southern Highlands of Papua New Guinea. https://doi.org/10.22459/crd.11.2007.07

Nurlia. (n.d.). Kajian Empiris Peran Pembimbing Sebagai coach, mentor Dan Konselor ... Retrieved November 22, 2022, from https://www.researchgate.net/publication/356512314_Kajian_Empiris_Peran_Pembimbing_Sebagai_Coach_Mentor_Dan_Konselor_Untuk_Meningkatkan_Kompetensi_Peserta_dalam_Menyusun_dan_Melaksanakan_Aktualisasi_Studi_Kasus_Pada_Pelatihan_Dasar_CPNS_Di_BPSDM_Aceh

Kuswandono, P. (2014). University mentors’ views on reflective practice in microteaching: Building Trust and genuine feedback. Reflective Practice, 15(6), 701–717. https://doi.org/10.1080/14623943.2014.944127

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun