Mohon tunggu...
KHALIDHA IMTIYAAZ GRAHARIPNI
KHALIDHA IMTIYAAZ GRAHARIPNI Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya senang menonton netflix.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Gladi Hominisasi 8

2 Desember 2022   13:03 Diperbarui: 2 Desember 2022   13:06 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkenalkan nama saya Khalidha Imtiyaaz Graharipni Aclamuf dengan NPM 6052201283, sebagai salah satu mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) angkatan 2022 dari fakulltas hukum. 

Saya mengikuti salah satu program yang diadakan oleh Lembaga Pengembangan Humaniora Divisi Pengembangan Potensi Insani (PPI) yang bernama Gladi Hominisasi, dimana gladi tersebut merupakan kegiatan yang dianjurkan bagi seluruh mahasiswa UNPAR yang menempuh MKU Bahasa Indonesia, Logika, dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) untuk diikuti guna memenuhi syarat kelulusan. Gladi diselenggarakan oleh pihak UNPAR dimana dalam acara tersebut dimuat nilai-nilai yang diperlukan tidak hanya oleh mahasiswa melainkan juga oleh manusia yang bewarganegara yang baik. Pada acara tersebut juga banyak nilai-nilai humanisasi yang dikemas secara praktis dan efektif.

Gladi Hominisasi sendiri diadakan dalam beberapa jadwal yang dapat kita pilih di waktu kosong. Acara Gladi Hominisasi yang saya pilih diadakan pada hari Minggu tanggal 27 November 2022. Sebelum kita mengikuti acara utama Gladi Hominisasi ini, kita diberikan tugas Pra-Gladi Hominisasi yang berisikan tentang kebudayaan Indonesia. Tugas ini diberikan 6 hari sebelum terlaksananya acara utama Gladi Hominisasi. Tugas yang diberikan berupa tugas mendengarkan lagu Indonesia Raya tiga stanza dan menonton salah satu film dokumenter yang diberikan. Tugas tersebut membantu menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap Tanah Air Indonesia dan juga membantu menambah wawasan mengenai kebudayaan Indonesia yang beragam. Tugas tersebut diberikan sebagai syarat untuk mengikuti acara gladi pada 27 November 2022, sehingga dapat dikatakan tugas tersebut sebagai syarat untuk mengikuti inti dari gladi.

Setelah kita mengumpulkan tugas Pra-Gladi Hominisasi kita dibagikan kelompok dan diberikan link zoom untuk mengikuti Acara utama Gladi Hominisasi. Acara tersebut memiliki banyak kegiatan yang dilakukan, seperti diadakannya kata sambutan, berkenalan dengan anggota kelompok yang telah ditentukan sebelumnya, berdiskusi dengan anggota kelompok mengenai presentasi yang dilakukan tentang tema masing-masing kelompok yang telah ditentukan juga, berdialog, presentasi di depan beberapa kelompok, Saya dan kelompok saya mendapatkan materi mengenai "Hari Anti Kekerasan", hasil dari acara presentasi berbagai kelompok ini sangat membantu saya dalam melatih skill public speaking saya dan juga membantu communication skill saya dalam berkomunikasi satu sama lain, dan juga menambah wawasan saya mengenai hari-hari nasional yang ada di Indonesia, masih banyak juga kegiatan menyenangkan dan seru dari inti acara Gladi Hominisasi yang saya ikuti.

Manfaat yang bisa saya ambil dari kegiatan Gladi Hominisasi ini yaitu saya dapat berkenalan dan bertemu dengan mahasiswa lainnya baik yang sejurusan ataupun luar dari jurusan saya bahkan dari fakultas lain , tentunya hal tersebut menjadi pengalaman tersendi bagi saya, walaupun dilaksanakan secara online  namun dengan dibentuknya kelompok dan disediakannya break out room khusus membuat ruang untuk berdiskusi menjadi lebih leluasa dan menjadi lebih asik, walaupun waktu yang diberikan terbilang singkat namun pada saat itulah mahasiswa dituntut untuk menggunakan waktu singkat tersebut untuk memunculkan berbagai ide cemerlang yang dituangkan dalam diskusi kelompok tersebut. Dari Gladi Hominisasi juga saya belajar bahwa kunci utama dalam kelompok yaitu komunikasi. Lalu saya menambah cukup banyak wawasan baik mengenai topik/materi yang saya presentasikan ataupun kelompok lain yang membawakan topik lain. Pada kesempatan kali ini juga saya belajar bagaimana cara presentasi dihadapan banyak orang maupun dosen dosen yang hadir saat acara tersebut berlangsung. Saya sangat beruntung dapat mengikuti kegiatan Gladi Hominisasi karna saya belajar sangat banyak dalam kegiatan tersebut, dimana kita pun dilatih untuk meningkatkan daya ingat kita dan saya juga dapat informasi mengenai unpar, serta saya meningkatkan public speaking skill, dan juga menambahkan banyak wawasan.

Sekian dari saya, terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk membaca tulisan saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun