KEMBANGKAN BISNIS DENGAN INTERNET MARKETING TOOLS
Â
A. Â Internet Marketing
Internet marketing, juga disebut sebagai i-marketing, web marketing, pemasaran online, atau eMarketing, adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet (Wikipedia:2010). Perkembangan pengguna internet Indonesia meningkat tajam dalam beberapa tahun ini, menurut internetwordstats.com tahun 2000 terdapat 2 Juta pengguna internet di Indonesia, tahun 2010 ini pengguna internet di Indonesia sudah mencapai  30 juta pengguna dan menempati urutan ke 5 terbesar negara pengguna internet di asia.
Peningkatan tajam pengguna internet memiliki relevansi dengan pertumbuhan terknik dan tools yang tersedia untuk bisnis online. Dengan beragam alat bantu yang tersedia, saat yang tepat untuk UKM mempromosikan produk melalui websitenya dan sukses di dunia online.
B. Â Taknik dan dan Peralatan Internet Marketing
Di sini hanya akan di bahas teknik dan alat internet marketing diluar web itu sendiri, artinya teknik-teknik internet marketing pada halaman website seperti optimasi meta tag meta. tag, optimasi judul dan penambahan fungsi lain pada web tidak dibahas. Bunafit Nugroho telah membahas beberapa teknik dan tool  yang bisa dimanfaatkan dari google diantaranya google analytics, google Adword, google trends, dan google webmaster tools (Nugroho, B & Suryana N 2010: 47-65). Sebelum bisa menggunakan tools dari google kita harus memilki account email di gmail.com.
1. Â Google Analytics Google Analytics
merupakan solusi analisis web yang memberikan informasi rinci tentang kunjungan situs web dan keefektifan pemasaran. Fiturnaya mudah digunakan membuat pengguna dapat menganalisa data kunjungan dengan mudah dan cepat. Untuk bisa menggunakan tool ini harus mendaftarkan account email ke www.google.com/analytics Selain memanfaatkan fitur diatas ,Google Analytics akan membuat halaman web kita akan sering dikunjungi oleh mesin pencari, nantinya akan memudahkan website kita terindeks di mesin pencari.
2. Â Google Adword dan Google Trends
Fasilitas ini disediakan oleh google untuk mengetahui keyword(kata kunci) yang paling populer saat ini. Tools ini bisa di akses di www.adword.google.com. Melalui tools ini UKM dapat menganalisa keyword yang akan di gunakan di websitenya berapa banyak volume pencarian lokal untuk keyword misalnya untuk keyword "hiasan dinding".