STRATEGI MARKETING
A. Definisi Marketing
Salah satu kunci keberhasilan perusahaan adalah Marketing, prinsip marketing bukan hanya sekedar menjual saja, namun kita dituntut dapat memberikan kepuasan kepada konsumen untuk mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Hal ini kita dapat menyimpulkan betapa pentingnya fungsi dari marketing, sehingga setiap perusahaan perlu memberikan perhatian khusus dalam Marketing. Marketing berasal dari kata market yang berarti pasar. Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Marketing sendiri dapat diartikan memasarkan, yaitu upaya seseorang dalam mendapatkan apa yang diinginkan oleh orang lain. Dalam konteks bisnis,
B. Strategi Marketing
Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran. Strategi Pemasaran merupakan upaya Perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.
1.Konsep Strategi Marketing
Pada dasarnya tujuan akhir dari Marketing adalah kepuasan Konsumen. Dibawah ini konsep strategi pemasaran. yang dapat diikuti para pelaku Bisnis :
a.Segmentasi Pasar, Setiap perusahaan pasti memiliki Konsumen dengan Kebutuhan dan Kebiasaan yang berbeda. Tujuan segmentasi pasar agar pasar yang sifatnya heterogen menjadi satuan-satuan pasar yang bersifat homogen.
b.Market Positioning, Menguasai seluruh pasar bisa di katakan tidak mungkin. Disinilah perlunya pelaku bisnis memikirkan pola spesifik untuk mendapatkan posisi kuat dalam pasar, yakni memilih segmen yang paling menguntungkan.
c.Market Entry, Strategy Strategi ini digunakan untuk perusahaan dapat masuk pada segmen pasar tertentu. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan adalah: Membeli Perusahaan Lain Internal Development Kerjasama dengan perusahaan lain.
d.Marketing MIX, Strategy Marketing Mix bisa diartikan sebagai sekumpulan variabel Pemasaran, yang berorientasi pada Target Penjualan yang diinginkan. Pada awalnya variabel yang dimaksud terdiri dari 4P (Product, Price, Place, Promotion) namun dewasa ini perkembangan ilmu Marketing sangat berkembang, dan variabel tersebut menjadi 7P yakni: Product (Produk) Price (Harga) Place (Saluran Distribusi) Promotion (Promosi) People (Sumber Daya Manusia) Process (Proses) Packaging (Kemasan).