Pendahuluan
  Korupsi merupakan salah satu permasalahan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Sebagai tindakan penyalahgunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi, korupsi tidak hanya berdampak pada kerugian finansial negara, tetapi juga merusak integritas moral masyarakat, melemahkan kepercayaan terhadap institusi pemerintahan, dan menghambat pertumbuhan ekonomi.Â
Praktik korupsi yang meluas menunjukkan adanya krisis etika dan moralitas di berbagai tingkatan, mulai dari birokrasi, dunia politik, hingga masyarakat umum. Fenomena ini telah lama menjadi tantangan besar yang sulit diberantas meskipun berbagai upaya telah dilakukan, baik melalui penegakan hukum yang tegas maupun pembenahan sistem.
 Data dari Transparency International melalui Indeks Persepsi Korupsi (IPK) menunjukkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori negara dengan tingkat korupsi yang tinggi. Praktik korupsi yang sistemik, seperti suap, kolusi, dan nepotisme, kerap dianggap sebagai bagian dari budaya dalam beberapa sektor. Hal ini diperburuk oleh lemahnya pengawasan, kurangnya penegakan hukum yang konsisten, dan kurang efektifnya pendidikan karakter di masyarakat.Â
Berbagai langkah strategis untuk meminimalkan korupsi telah dilakukan, termasuk reformasi birokrasi, kampanye antikorupsi, serta pembentukan lembaga khusus seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, langkah-langkah tersebut belum sepenuhnya mampu mengatasi akar permasalahan korupsi, terutama yang berkaitan dengan moralitas individu.
 Korupsi, dalam berbagai bentuknya, sering kali berakar pada keserakahan manusia, kurangnya pengendalian diri, dan hilangnya kesadaran akan nilai-nilai kebajikan. Oleh karena itu, pendekatan struktural saja tidak cukup untuk mengatasi permasalahan ini. Diperlukan pendekatan yang mampu menyentuh kesadaran individu dan membangun integritas dari dalam.Â
Salah satu pendekatan yang relevan adalah melalui nilai-nilai kebatinan yang diajarkan oleh Ki Ageng Suryomentaram, seorang tokoh filsuf Jawa yang menawarkan konsep transformasi diri berdasarkan kebahagiaan sejati dan pengendalian batin.
 Ki Ageng Suryomentaram, melalui ajarannya, mengajarkan bahwa kebahagiaan sejati berasal dari rasa cukup, kedamaian batin, dan kemampuan untuk memahami serta mengendalikan nafsu. Ia menekankan pentingnya ngelmu rasa atau ilmu rasa sebagai cara untuk mengenali kebutuhan sejati manusia, bukan semata-mata mengejar kekayaan atau kekuasaan.Â
Dalam konteks ini, ajaran kebatinan Ki Ageng Suryomentaram memiliki relevansi besar dalam upaya pemberantasan korupsi. Dengan memahami dan menginternalisasi nilai-nilai seperti urip sak madya (hidup sederhana tetapi cukup), prihatin (pengendalian diri), dan lelaku (perjalanan spiritual), individu dapat membentuk karakter yang lebih berintegritas dan tahan terhadap godaan korupsi.