Mohon tunggu...
Khairunnisa
Khairunnisa Mohon Tunggu... Calon Mahasiswa Profesi Apoteker -

Seorang sarjana farmasi dari Universitas Sriwijaya yang menjadikan menulis sebagai passion

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

A New Hope Start Here

7 Januari 2019   23:00 Diperbarui: 7 Januari 2019   23:11 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sudah memasuki hari ketujuh di tahun 2019. Tunggu, sudah 2019 rupanya??? Ya, sekarang kita sudah memasuki awal tahun 2019. Awaaas, yang baru masuk sekolah jangan salah nulis tahun :D. Tahun 2019 dimulai setelah tahun 2018. Bagi saya, banyak sekali kejadian baik menyenangkan maupun tidak ditahun 2018 yang telah saya alami. Dimulai dari penelitian skripsi saya yang banyak sekali kendalanya (prosedur yang ribet, peralatan kurang memadai, sampai susahnya mendapatkan kata ACC). Jatuh bangun saya mengerjakan skripsi ini.

Stress?? Pasti.

Tapi, saya mendapatkan banyak pelajaran mulai dari pengetahuan ilmiah hingga tempaan kepribadian untuk menjadi lebih baik. Tahun 2018 telah mengajarkan saya bahwa menjadi orang yang terlalu baik dapat mencelakai diri sendiri. Adakalanya kita perlu mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Bukankah pramugari memberi instruksi menggunakan masker oksigen untuk diri sendiri dahulu baru orang lain? Bagaimana bisa kita menyelamatkan orang lain tanpa menyelamatkan diri sendiri dahulu?

Pertengahan 2018, kerja keras saya membuahkan hasil. Saya di wisuda di bulan Agustus dengan nilai skripsi dan seminar sidang A. Meskipun IPK target tidak tercapai tapi saya tetap bangga setidaknya saya lulus tepat waktu. Skripsi mengajarkan saya bahwa jika ingin mendapatkan sesuatu harus bekerja keras dan berdoa. Momen bahagia wisuda ternyata tidak bertahan lama. Nyatanya saya mengalami berbagai kegagalan yang harus dihadapi.

Sedih, down, terpuruk?? Pasti

Akan tetapi, masih ada hari esok tentunya. Ya, 2019.

Tepat malam tahun baru, saya mencoba untuk merenungkan semuanya baik kegagalan maupun keberhasilan yang telah saya peroleh. Banyak harapan di tahun 2019 ini. Semoga di tahun, hari, bahkan era baru akan dilalui dengan pemikiran yang lebih maju, lebih baik, dan lebih indah. Tidak apa-apa jika mengalami kegagalan. Toh semua manusia di dunia ini pernah mengalami kegagalan dan jadikan pelajaran untuk kedepannya lebih baik lagi.

SELAMAT TAHUN BARU 2019

And one thing that i wanna say "Work Hard and Smart for Your Dreams" :)))

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun