Mohon tunggu...
khairun nisa nabila
khairun nisa nabila Mohon Tunggu... Guru - khilairun nisa nabila
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

pejuang sukses

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

APA YA SESANSI BELAJAR ANAK PIAUD ATAU TK?

12 Oktober 2020   00:20 Diperbarui: 12 Oktober 2020   01:58 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yg di beri lingkungan  pada masa peka masing masing anak berbeda seiring laju dengan pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual masa ini juga masa peletak dasar pertama untuk mengembangkan pertumbuhan kognitif bahasa, gerak gerak motorik,dan sosio emosional pada anak usia dini,pendidikan anak usia dini ,jalur penyelenggaraan pendidikan anak usia dini ,berdasarkan uud tentang sistem pendidikan nasioanal menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yg di tunjukkan kepada anak sejak lahir samapai dengan usia 6 tahun yg dilakukan melalui pemberian rasangan pendidikan untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesepian dlam memiliki kesiapan dlam memasuki pendidikan lebih lanjut lebih lanjut, (uu nomor 20 tahun 2003)bab 1 pasal 1 ayat 14 ,penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dapat dilakukan dlam bentuk formal nonformal dan informal setiap bentuk penyelenggaraan memiliki  kekhasan sendiri penyelenggaraan pendidikan anak usia dini pada jalur formal adalah taman kanak kanak ( TK) atau dan lembaga,

-secara khusus tujuan pendidikan  anak usia dini  adalah?

1.agar anak percaya akan adanya tuhan dan mampu beribadah serta mencintai sesama nya

2.agar anak mampu mengelola keterampilan tubuh nya termasuk gerakan motorik kasarar dan motorik halus serta mampu menerima  rasangan sensorik, 

3.anak mampu menggunakan bahasa untuk pemahaman bahasa fasip dan dpat berkomunikasi secara efektif sehingga  dapat untuk berpikir dan belajar,

4.anak mampu berfikir logus, kritis, memeberikan alasan memecahkan masalah dan menemukan hubungan sebab akibat ,

5.anak mampu mengenal lingkungan alam dan lingkungan sosial, peranan msyarakat dan menghargai keragaman sosial dan budaya serta mampu mengembangkan konsep diri yg positif dan control diri, 

6.anak memiliki kepekaan terhadap irama nada berbagai bunyi serta menghargai kreatif dan sbgnya, 

-perhatian atau atensi,(istilah pisikologi) adalah pemrosesan secara sadar sejumlah kecil imformasi yg tersedia imformasi didapatkan dari pengindaraan ingatan maupun proses kognitip lainnya ,proses perhatian membantu ketepat gunaan  penggunaan sumber daya mental yg terbatas yg terkemudian akan membantu kecepatan reaksi terhadap rangsang tertentu, 

A, kapasitas pemrosesan dan atensi selektif 

fakta bahwa kita secara selektif memilih hanya sebagian kecil stimuli dri seluruh stimuli yg ada di sekeliling kita, dapat di contoh kan ketika kita mencari suatu benda dlam ruangan yg gelap lalu kita membawa senter ,dan senter itu hanya terfokus ditengah menyenteri benda benda lainnya tidak di pedulikan dan dibiarkan dlam kegelapan,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun