Mohon tunggu...
Khairunnisa
Khairunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PPG Pra Jabatan UMC G-1

Senang mencoba hal-hal baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Prinsip Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif di SD 1

11 Desember 2022   22:27 Diperbarui: 11 Desember 2022   22:34 5507
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Setelah mempelajari materi pada topik 5, saya dapat mengambil ilmu pengetahuan bermakna dan bermanfaat  yang berasal dari hasil eksplorasi bersama forum diskusi dan demonstrasi terkait telaah Modul Ajar Kurikulum Merdeka beserta asesmen yang efektif. Selain itu, saya menjadi lebih memahami tentang pelaksanaan pembelajaran dan asesmen yang efektif pada realita di dunia pendidikan khususnya di Sekolah Dasar, diantaranya :

  • Dalam pembelajaran yang efektif dapat diterapkan teori kontruktivisme, humanisme, kognitivisme dan behaviorisme
  • Penggunaan model pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran paradigma baru diantaranya: Inquiry, discovery, PJBL dan PBL
  • Dalam menggunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor penting seperti : metode, buku sumber, dan karakteristik bahan ajar
  • Modul Ajar disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih yang dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
  • Tujuan pembelajaran pada kurikulum paradigma baru harus mengedepankan HOTS

Kepribadian peserta didik mencakup minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri

2. Setelah memahami pada poin 1, Saya akan mengedepankan dan menekankan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik. Selain bermakna, saya juga akan menerapkan pola pembelajaran yang efektif diantaranya :

  • Menerapkan model pembelajaran yang mutakhir : PBL, PJBL, Inquiry dan Discovery Learning
  • Selalu memakai media dan alat bantu ajar yang disesuaikan dengan karakteristik materi, peserta didik dan keefektifitasan lainnya. Serta selalu menggunakan peran teknologi yang membuat pembelajaran semakin efesien dan menyenangkan.
  • Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
  • Melalukan asesmen yang menekankan pada proses dan hasil
  • Tidak mengeyampingkan penilaian sikap dan psikomotor peserta didik
  • Mengedepankan karakter dan pembiasaan sesuai dengan visi profil pelajar pancasila
  • Membuat soal-soal dan LKPD yang mengedepankan HOTS

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun