Meningkatkan Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Recount Text Menggunakan Problem Based Learning dan Picture Series di SMPN 4 Kota Jambi
Penulis: Khairun Nisa, S.Pd
Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik di tingkat menengah pertama, pelajaran ini sangatlah bermanfaat dan mampu memfasilitasi siswa untuk melakukan aktivitas di kesehariannya, baik itu mencari informasi, berkomunikasi hingga berinteraksi dengan orang lain.Â
Di fase ini, peserta didik diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris dalam bentuk lisan dan tulis. Meskipun banyak manfaat yang bisa diperoleh, rendahnya motivasi peserta didik dan pola pikir mereka yang menganggap pelajaran ini sulit masih menjadi problematika utama.Â
Dalam pelajaran Bahasa Inggris, kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis memiliki tantangan yang berbeda-beda. Peserta didik yang tidak mempunyai basic knowledge akan semakin merasa bahwa pelajaran ini sulit dipahami dan akhirnya ketertarikan belajar menjadi kian menurun. Apalagi sebagian besar peserta didik tidak mempelajari Bahasa Inggris di bangku sekolah dasar.Â
Oleh karena itu, di tingkat menengah pertama ini, Guru diharapkan mampu memberikan pengajaran yang menyenangkan agar peserta didik lebih bersemangat untuk belajar.
Dalam praktik baik ini, penulis memilih kemampuan menulis pada materi recount text karena kemampuan menulis merupakan salah satu kemampuan yang dianggap sulit oleh peserta didik, tak hanya itu, menulis juga merupakan kemampuan yang kompleks untuk melihat sejauh mana peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapat dan mengaitkan nya dengan ide kreatif mereka.Â
Penulis memilih materi recount text karena materi tersebut adalah materi yang harus diajarkan di kelas VIII dan dirasa sangat tepat untuk melatih peserta didik mengungkapkan ide dan menyampaikan apa yang mereka rasakan terkait pengalaman berkesan yang sudah pernah mereka lakukan.Â
Praktik baik ini diharapkan mampu memberikan informasi yang relevan untuk para guru terkait permasalahan yang dihadapi peserta didik terutama dalam meningkatkan kemampuan menulis recount text dan memotivasi guru agar selalu berupaya merancang kegiatan pembelajaran yang menarik di kelas lebih baik dari apa yang sudah penulis lakukan. Dalam praktik baik ini, penulis bertangung jawab sebagai fasilitator dan motivator.Â
Penulis berusaha untuk memahami karakteristik peserta didik, menyiapkan rpp dan merancang kegiatan pembelajaran agar apa yang dipelajari mudah dipahami dan mampu mencapai tujuan pembelajaran. Penulis selalu berupaya membuat suasana pembelajaran tetap seru agar peserta didik tidak takut dalam membuat kesalahan dalam proses pembelajaran.