Mohon tunggu...
Khairul Fadhli
Khairul Fadhli Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

My name is fadhli | Born sukajadi, 15 Desember 1991 | Anak ragil dari enam bersaudara | Jadikan hidup anda berguna buat orang lain, jangan sia siakan kesempatan hidup yang telah diberikan Tuhan terhadap kita.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Strategi WOM Sebagai Salah Satu Strategi Marketing For You Fatin

13 November 2013   20:29 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:13 1093
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13843491611382484968

Asalamualaikum wr.wb

Selamat malam untuk para kompasiner dimanapun berada, lama tidak menulis dan berbagi apapun di kompasiana ini. Untuk tulisan kali ini saya akan membahas tentang fatin shidqia lubis. Setelah beberapa bulan yang lalu saya menulis artikel yang berjudul “terimakasih dek fatin” bisa langsung dibaca disini “http://hiburan.kompasiana.com/musik/2013/06/18/terimakasih-dek-fatin-566031.html “ , dan untuk kali ini saya akan lagi mengulas tentang wanita berbakat yang banyak memberi insfirasi banyak orang, terasuk saya.

Pekan ini banyak seklai kehebohan yang terjadi di Indonesia, dari mulai penyadapan, kasus TKI yang sedang dilanda masalah di arab saudi, kasus akil, penabrakan dan perusakan rumah istri ke dua adiguna, masalah hidup ayu ting ting,  lanjut masalah jokowi, kurs rupiah yang terus melemah, masalah gaji buruh dan kriteria hidup layak yang selalu menjadi perasalahan setiap tahun, serta peluncuran album perdana fatin shidqia lubis. Menarik memang melihat bagaimana begitu banyaknya hal hal yang terjadi dalam beberapa pekan ini , namun saya tidak mau membuat artikel yang bahasannya terlalu berat , cari yang simpel saja dan harap tuliasan ini bisa berguna dan bisa jadi pembelajaran bagi siapapun yang membaca tulisan ini.

Bicara masalah musik ini menyangkut selera masing masing individu. Setiap orang mempunyai selera musik yang berbeda satu dengan yang lain, ada yang suka rock, pop, jazz, RnB, progresive, melayu, dangdut,metal, keroncong, dan lain sebagainya, tak menapik ada juga yang hanya mendengar musik musik klasik. Jadi, setiap orang punya kesukaan dan kegemaran terhadap musik musik tertentu dan itu hak masing masing individu untuk memilih suka atau tidak suka.

Kembali kepersoalan fatin yang baru 2 hari ini meluncurkan album perdananya yang bartajuk “For You”, saya merasa sedikit pesimis dengan target yang akan dicapai sony dengan penjualan 2 juta copy dlaam 2 bulan, kenapa saya begitu pesimis:

1.Pendistribusian Album Fatin yang tidak merata

Banyak daerah yang bada kaefce nya namun tidak tersedia album for you fatin, kemudian ada kaefce di beberpa daerah yang tidak yang tidak bisa menjual album fatin jika tidak ada kupon, namun ada juga daerah yang bisa membeli album fatin walau tidak ada kupon, menurut saya ini aneh ada keganjilan dlaam pendistribusian atau mungkin berbeda kuota album yang di sebar di setiap  daerah , misal di papua hanya tersedia 5000 keping , lampung 15000 dan jakarta 750000 keping dilihat dari targering pasar dimasing masing daerah.

2.Tidak adanya informasi yang merata tentang peluncuran album fatin

Kita tahu bahwa tidak semua masyarakat indonesia hidupnya bisa terkonksi internet setiap hari atau mebuka jejaring sosial setiap hari,  tidak bisa membaca majalah, koran setiap hari padahal banyak orang orang yang suka dengan fatin tapi dia tinggal di daerah daerah yang korab tidak pernah asuk, akses knformasi minim, dan lain lain, padahal mereka sangat ingin mendengar suara fatin al hasil saya yakin mereka akan membeli bajakan.

3.Followers fatin belum tentu penggemar fanatik fatin

Melihat followers fatin yang sudah mencapai 1.160.613 saya melihat banyak akun akun yang hanya memfollownya saja namun tidak aktif dii twitter, kemudian banyak teman teman saya yang hanya memfollow fatin namun tidak terlalu fanatik sekali dengan fatin, saya tidak tahu apa saya termasuk fanatik atau tidak yang pasti saya sudah membeli album nya fatin. Sempat saya tawarkan ke teman teman saya kemarin namun mereka tidak mau katanya lebih baik nanti download saja yang bajakannya, cermin masyarakat indonesia yang  tidak pernah menghargai karya anak bangsa. Kembali masalah followers fatin yang belum tentu fanatik dengan fatin banyak kemungkinan hanya ikut ikut saja atau hanya terkesima di awal kemunculan fatin kemudian di follow namun tidak pernah mengikuti perkebangan fatin, yang kita tahu fatin jarang promosi dia akan manggung dimana, kapan album keluar dan lain lain.

4.Pembajakan

Pembajakan lah yang mebuat tidak sehatnya industri musik di Indonesia, betapa banyak yang dirugikan gara gara pembajakan ini, tidak hanya labaling , penynyi bahkan negara pun di rugikan karna aksi pembajakan.ini masalah besar dan jadi PR kita bersama untuk meretas pembajakan di Indonesia. Mulai dari diri sendiri untuk tidak membeli album, mendownload lagu secara tidak legal. Apa lagi itu bagi musisi musisi dan penyanyi panyanyi indonesia.

Jadi apa yang harus kita lakukan agar target ini bisa tercapai :

Untuk bisa menanggulangi itu semua banyak hal yang bisa kita lakukakan salah satunya dengan promosi. Promosiadalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calonkonsumenuntuk membeli atau mengkonsumsinya. Untuk ini, album fatin merupakan produksnya, Sony memang tidak melakukan promosi besar besaran, namun ada satu hal yang bisa kita jadikan sebagai strategi promosi yang murah tanpa biaya, yakni dengan promosi word of mouth atau promosi yang mengandalkan komunikasi dari mulut ke mulut , strategi WOM ini lah yang harus kita gerakkan untuk mendongkrak penjulan album fatin. Tahukah anda 85 % masyarakat indonesia lebih mempercayai rekomendasi dari mulut ke mulut, mengalahkan iklan yang hanya menduduki posisi ke lima. Aneh memang melihat hal ini namun ini kenyataannya tipikal masyarakat indonesia yang sangat suka dengan sesuatu yang ramai diperbincangkan, dari hal yang tidak berkualitas sampai hal yang notabanenya perlu untuk diperbincangkan. Saya yakin jika kita bisa menerapkan strategi ini dimulai dari tweet, status fb, artikel di kanal hiburan, dan perbincangan kita mengenai fatin dengan teman teman dilingkungan kerja, rumah, kampus, sekolah dan lain lain , bisa memberi dampak yang baik untuk penjualan alnum fatin. Dan saya yakin bukan tidak mungkin 2 juta copy dalam 2 bulan bisa terlaksana, dan ditambah lagi pendistribusian keping CD harus sudah ada di semua kaefce di pelosok tanah air.

Satu hal lagi , saya harap disetiap doa kita tolong sematkan doa untuk kesuksesan fatin, baik itu setelah sholat, ataupun ibadah lainnya yang menurut kepercayaan kawan kawan masing, karna jika Tuhan YME sudah berkehendak MAKA TIDAK ADA SESUATU YANG TIDAK MUNGKIN. Sukses buat adik Fatin shidqia Lubis. Maaf jika ada kata yang menyinggung.

By : @fadhli_BR ( seseorang yang masih ingin terus belajar ).

Wasalamualikum WR.WB

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun