Mohon tunggu...
Khairatun Hisan
Khairatun Hisan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pencapaian tahun ini yaitu bisa mandiri

Saya gampang berteman dengan orang baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori lev vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kongnitif

19 Januari 2025   22:16 Diperbarui: 19 Januari 2025   22:16 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori perkembangan sosial dan kognitif oleh Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua pendekatan yang sangat berpengaruh dalam psikologi perkembangan. Keduanya memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana anak-anak berkembang dari segi kognitif dan sosial, meskipun mereka memiliki pandangan yang berbeda tentang bagaimana proses ini berlangsung. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai kedua teori ini:

### 1. **Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget**

Jean Piaget adalah seorang psikolog asal Swiss yang mengemukakan teori perkembangan kognitif yang berfokus pada cara anak-anak berpikir dan memahami dunia. Piaget berpendapat bahwa perkembangan kognitif anak terjadi dalam serangkaian tahap yang terstruktur, yang masing-masing membangun kemampuan kognitif baru.

#### Tahapan Perkembangan Kognitif Piaget
Piaget membagi perkembangan kognitif anak dalam empat tahap utama:

1. **Tahap Sensorimotor (0--2 tahun)**  
   Pada tahap ini, bayi dan balita mengembangkan pemahaman dunia melalui pengalaman sensorik dan motorik. Salah satu pencapaian besar dalam tahap ini adalah perkembangan **konsep objek permanen**, yaitu pemahaman bahwa objek tetap ada meskipun tidak terlihat.

2. **Tahap Praoperasional (2--7 tahun)**  
   Anak mulai mengembangkan kemampuan simbolik, seperti penggunaan bahasa dan gambar untuk mewakili objek dan kejadian. Namun, mereka masih terbatas dalam berpikir logis dan egosentris, artinya mereka kesulitan melihat dunia dari perspektif orang lain. Mereka juga belum memahami prinsip **konservasi** (misalnya, bahwa jumlah cairan tetap sama meskipun wadahnya berbeda bentuk).

3. **Tahap Operasional Konkret (7--11 tahun)**  
   Anak-anak mulai berpikir lebih logis tentang objek dan kejadian yang dapat mereka lihat dan manipulasi secara konkret. Mereka memahami prinsip konservasi dan dapat mengklasifikasikan objek berdasarkan karakteristik tertentu. Namun, kemampuan berpikir abstrak masih terbatas pada hal-hal yang nyata dan konkret.

4. **Tahap Operasional Formal (12 tahun ke atas)**  
   Pada tahap ini, anak-anak mulai mampu berpikir abstrak, hipotesis, dan konseptual. Mereka dapat merencanakan dan memecahkan masalah secara sistematis tanpa bergantung pada objek konkret. Kemampuan untuk berpikir secara logis dan deduktif meningkat pada tahap ini.

#### Konsep Utama dalam Teori Piaget
- **Skema**: Struktur mental yang digunakan untuk memahami dan mengorganisir informasi.
- **Asimilasi**: Proses memasukkan informasi baru ke dalam skema yang sudah ada.
- **Akomodasi**: Proses mengubah skema yang ada untuk menyesuaikan dengan informasi baru.
- **Equilibration**: Proses keseimbangan antara asimilasi dan akomodasi yang mendorong perkembangan kognitif.

### 2. **Teori Perkembangan Sosial dan Kognitif Lev Vygotsky**

Lev Vygotsky adalah seorang psikolog asal Rusia yang mengembangkan teori yang lebih menekankan pada peran lingkungan sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif anak. Berbeda dengan Piaget, yang lebih menekankan pada aspek individu, Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial dan budaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun