Mohon tunggu...
Khairunnisa Pratiwi
Khairunnisa Pratiwi Mohon Tunggu... Lainnya - Kay

Welcome to my world

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Fenomena Boyband BTS sebagai Brand Ambassador Produk

23 Juli 2021   19:35 Diperbarui: 23 Juli 2021   19:41 836
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Belakangan ini masyarakat Indonesia baru saja dihebohkan dengan fenomena BTS Meal. The BTS Meal yang dimaksud adalah salah satu menu kolaborasi dari restoran cepat saji McDonald’s dengan boyband Korea BTS. 

Dalam keadaan pandemi Covid-19 menu kolaborasi McDonald’s dengan boyband BTS diluncurkan, tepatnya pada hari Rabu, 9 Juni 2021 di Indonesia. BTS juga dikenal sebagai Bangtan Boys, merupakan boyband asal Korea Selatan dibawah naungun Big Hit Entertainment, memiliki 7 member anggota yaitu RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook.

Boyband BTS ini mengawali karir dengan membentuk grup di tahun 2010 dan pertama kali debut pada tanggal 2 Juni 2013 dengan mengeluarkan album 2 Cool 4 Skool dengan single andalan berjudul “No More Dream”. 

Tahun silih berganti, BTS telah menorehkan banyak prestasi baik di tingkat Korea Selatan maupun di dunia. Di tahun 2020 mereka menjadi salah satu pengisi acara dalam ajang musik bergengsi Grammy Award. 

Dalam ajang tersebut, single “Dynamite” juga masuk dalam nominasi Grammy Award. Bulan Juni tahun ini BTS meluncurkan single full bahasa Inggris kedua mereka, berjudul “Butter”. BTS juga berhasil memenangkan empat piala di ajang musik bergengsi Billboard Music Award 2021 dalam kategori Top Duo/Group, Top Song Sales Artist, dan Top Social Artist. Tidak hanya itu, single “Butter” juga berhasil menduduki peringkat pertama dalam tangga musik Billboard TOP Hot 100.

Kolaborasi ini mengakibatkan pro-kontra karena membludaknya pembeli yang membuat kerumunan massa ditengah pandemi Covid-19. Langkah pemerintah dalam hal ini adalah menutup dan memberi sanksi denda untuk restoran McDonald’s di beberapa daerah yang membuat kerumunan antrian di tengah pandemi. 

Menu ini hanya bisa diorder (pesan) melalui delivery melalui aplikasi Gofood & Grabfood, serta drive thru. Karena antusiasme fans boyband BTS dengan menu kolaborasi ini, banyak masyarakat yang memesan melalui aplikasi delivery seperti Gojek dan Grab. Hal inilah menyebabkan panjangnya antrian ojek online (ojol) yang mengular sampai ke badan jalan restoran.

Kolaborasi ini bisa terbilang sukses karena di beberapa negara harus mengantri untuk mendapatkan menu tersebut, salah satunya di Indonesia. BTS memang tidak pernah gagal dalam menjadi brand ambassador dari sebuah produk. Pasalnya produk yang menjadikan boyband BTS sebagai branding, selalu ramai, heboh, dan banyak pembelinya. Maka tidak heran jika fanatisme & positivisme fans BTS dalam keloyalan terhadap idola mereka patut diacungi jempol, karena bisa membuat idola mereka maju dan dilihat dunia sebagai sesuatu yang positif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun