Web3 mengacu pada "ekosistem online terdesentralisasi berdasarkan blockchain mulai populer pada tahun 2021. Web3 telah merevolusi berbagai industri, baik industri game bahkan industri hiburan seperti K-pop. Â Dengan hadirnya teknologi blockchain, Â platform game Web3 pun mulai bermunculan.
Platform game Web3 ini menawarkan berbagai macam fitur yang menarik untuk para pengguna nya terutama para gamers untuk memiliki kepemilikan penuh atas aset dalam game. Dengan mengandalkan platform seperti ini, semua gamer pun punya kesempatan yang sama untuk mengakses Web3 games list yang disediakan oleh platform tersebut dari  pihak pengembang sembari mendapatkan keuntungan dari sana.
Setiap platform game Web3 menawarkan fitur yang berbeda dan masing-masing punya daya tarik sendiri. Seperti platform GuildFi yang menawarkan Fitur Quest dan marketplace pada platformnya. Â
GuildFi adalah komunitas game yang cukup besar secara global. Mereka menawarkan fitur Quest untuk mitra game mereka yang ingin mengadakan kampanye atau event untuk mendapatkan pengguna atau gamers baru untuk download, menguji dan memainkan game mereka, atau bahkan hanya sekedar untuk memperkenalkan projek mereka melalui sistem quest (misi). Sedangkan fitur marketplace adalah tempat untuk mitra game GuildFi untuk menjual atau mendistribusikan item dalam game, akses game, whitelist, nft,kupon game bahkan token mereka kepada para pengguna.
Berikut beberapa contoh kerjasama yang pernah di lakukan GuildFi dengan mitra game mereka melalui Fitur Quest dan Marketplace :
1. Christmas CarnivalÂ
Christmas Carnival adalah kerjasama antara game berbasis blockchain yang terkenal yaitu : Derby star dan King Of Fighter Arena. Hadiah utama kampanye ini adalah Gaming chair dan beberapa gift card game seperti genshin impact, valorant, dota2 dan lain sebagainya.
2. ModHaus Campaign
Modhaus menyelenggarakan kampanye untuk mempromosikan aplikasi mereka "Cosmo" melalui fitur Quest GuildFi. Hadiah utama dari kampanye ini adalah NFT langka dari memebr tripleS.
3. Questober Campaign
Questober adalah kampanye terbesar sepanjang tahun 2022, merupakan kampanye dari kumpulan beberapa game web3 papan atas seperti : Ninokuni, Apeiron, Shrapnel, Birdieshot, Desperado dan Archeworld. Â Dengan hadiah hadiah utama berupa Iphone dan beberapa hadiah menarik lainnya.
Setelah menyelesaikan quest (misi) , pengguna akan diberikan GXP (GuildFi Experience Point) sebagai reward di mana point ini dapat di gunakan untuk membeli berbagai item yang tersedia di GuildFi marketplace.
Hadiah yang dapat di beli di marketplace berupa item dalam game, nft, coupon, gift card, whitelist, akses game (alpha atau beta test), token, iphone, ps5, nintendo, dan masih banyak item menarik lainnya tergantung kampanye yang sedang berlangsung.
Ada lebih dari 3 miliar gamer di seluruh dunia dan jelas bahwa game perlahan tapi pasti menjadi gaya hidup. Fitur menarik apalagi yang akan di tawarkan oleh platform-platform game web3 di masa yang akan datang?
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H