Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang paling dinanti-nantikan kehadirannya oleh banyak orang. Selain menjadi momen untuk beribadah, salah satu yang sering dinanti-nantikan juga ialah momen untuk berbelanja di bulan Ramadhan. Hal ini disebabkan karena berubahnya perilaku konsumen yang cenderung lebih konsumtif dibandingkan biasanya.Â
Berbelanja selama bulan Ramadhan dianggap menjadi salah satu kegiatan rutinitas bagi banyak orang, hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti banyaknya orang yang berbelanja barang-barang baru untuk hari raya dan banyaknya diskon dan promo yang diberikan oleh berbagai macam tempat perbelanjaan baik offline maupun online marketplace.
Salah satu contohnya adalah tempat pusat perbelanjaan Ramayana yang setiap tahunnya selalu memberikan diskon ataupun promo menarik dari barang-barang yang dijual. Dengan adanya diskon, promo dan sejenisnya tentu bertujuan untuk berbagai hal, seperti untuk menarik lebih banyak konsumen, menghabiskan stok produk dll. Kotler dan Keller (2007) menyatakan bahwa pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan pendistribusian gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memenuhi tujuan individu dan organisasi. Selain itu, teori segmentasi pasar yang dikemukakan oleh Smith yang kemudian dikutip oleh Angipora (1999:82) menjelaskan bahwa segmentasi pasar adalah pembagian dari pasar secara keseluruhan dalam kelompok-kelompok sesuai dengan kebutuhan dan ciri-ciri konsumen Hal ini berkaitan yang dilakukan oleh pusat perbelanjaan seperti Ramayana yang memberikan banyak diskon dan promo menarik sebagai salah satu strateginya dengan tujuan untuk menarik para konsumen yang ingin beli produk-produk seperti baju, sendal, sepatu dan produk lainnya tapi dengan harga yang masih ramah dikantong.Â
Dengan berbagai diskon dan promosi menarik yang ditawarkan membuat masyarakat cenderung menjadi lebih konsumtif dan antusias untuk berbelanja. Beberapa diskon yang dilakukan pihak Ramayana dalam menarik konsumen dan untuk meningkatkan penjualan diantaranya sebagai berikut
Diskon potongan harga
Diskon potongan harga dari suatu produk adalah salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh tempat perbelanjaan untuk menarik konsumen. Memberikan potongan harga terutama saat banyak orang yang cenderung jadi lebih konsumtif untuk berbelanja di bulan Ramadhan ini merupakan salah satu cara yang juga dilakukan oleh Ramayana.
Promo buy 1 get 1
Promo buy 1 get 1 juga merupakan salah satu cara untuk menarik konsumen yang sering kita jumpai di tempat perbelanjaan. Dengan menggunakan promo ini, para pengunjung bisa jadi lebih tergiur untuk membeli produk tersebut. Contohnya seperti beli 1 baju gratis 1 baju lagi.