Mohon tunggu...
Muhammad KeyszaNurmuzaffar
Muhammad KeyszaNurmuzaffar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai!!! Saya Muhammad Keysza N, Saya Adalah Mahasiswa Dari Universitas Muhammadiyah Jakarta Jurusan Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perubahan Perilaku dari Konsumen Ramayana Saat Berbelanja di Bulan Ramadhan

23 April 2024   00:05 Diperbarui: 23 April 2024   00:09 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang paling dinanti-nantikan kehadirannya oleh banyak orang. Selain menjadi momen untuk beribadah, salah satu yang sering dinanti-nantikan juga ialah momen untuk berbelanja di bulan Ramadhan. Hal ini disebabkan karena berubahnya perilaku konsumen yang cenderung lebih konsumtif dibandingkan biasanya. 

Berbelanja selama bulan Ramadhan dianggap menjadi salah satu kegiatan rutinitas bagi banyak orang, hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti banyaknya orang yang berbelanja barang-barang baru untuk hari raya dan banyaknya diskon dan promo yang diberikan oleh berbagai macam tempat perbelanjaan baik offline maupun online marketplace.

Salah satu contohnya adalah tempat pusat perbelanjaan Ramayana yang setiap tahunnya selalu memberikan diskon ataupun promo menarik dari barang-barang yang dijual. Dengan adanya diskon, promo dan sejenisnya tentu bertujuan untuk berbagai hal, seperti untuk menarik lebih banyak konsumen, menghabiskan stok produk dll. Kotler dan Keller (2007) menyatakan bahwa pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan pendistribusian gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memenuhi tujuan individu dan organisasi. Selain itu, teori segmentasi pasar yang dikemukakan oleh Smith yang kemudian dikutip oleh Angipora (1999:82) menjelaskan bahwa segmentasi pasar adalah pembagian dari pasar secara keseluruhan dalam kelompok-kelompok sesuai dengan kebutuhan dan ciri-ciri konsumen Hal ini berkaitan yang dilakukan oleh pusat perbelanjaan seperti Ramayana yang memberikan banyak diskon dan promo menarik sebagai salah satu strateginya dengan tujuan untuk menarik para konsumen yang ingin beli produk-produk seperti baju, sendal, sepatu dan produk lainnya tapi dengan harga yang masih ramah dikantong. 

Dengan berbagai diskon dan promosi menarik yang ditawarkan membuat masyarakat cenderung menjadi lebih konsumtif dan antusias untuk berbelanja. Beberapa diskon yang dilakukan pihak Ramayana dalam menarik konsumen dan untuk meningkatkan penjualan diantaranya sebagai berikut

Diskon potongan harga

Midtrans.com
Midtrans.com

Diskon potongan harga dari suatu produk adalah salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh tempat perbelanjaan untuk menarik konsumen. Memberikan potongan harga terutama saat banyak orang yang cenderung jadi lebih konsumtif untuk berbelanja di bulan Ramadhan ini merupakan salah satu cara yang juga dilakukan oleh Ramayana.

Promo buy 1 get 1

id.postermywall.com
id.postermywall.com

Promo buy 1 get 1 juga merupakan salah satu cara untuk menarik konsumen yang sering kita jumpai di tempat perbelanjaan. Dengan menggunakan promo ini, para pengunjung bisa jadi lebih tergiur untuk membeli produk tersebut. Contohnya seperti beli 1 baju gratis 1 baju lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun