Mohon tunggu...
Keysha Janaleya
Keysha Janaleya Mohon Tunggu... Mahasiswa - universities muhammadiyah Jakarta

-

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tantangan dan Peluang dalam Manajemen Risiko untuk Ritel Berskala Besar

7 Mei 2024   11:00 Diperbarui: 7 Mei 2024   11:03 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Resiko operasional dalam bidang perdagangan/ritel adalah kemungkinan terjadinya kerugian akibat dari kegagalan proses operasional sehari-hari dalam perusahaan ritel. Ini mencakup berbagai faktor seperti kesalahan manusia, kegagalan sistem, kecurangan, atau kejadian tak terduga lainnya yang dapat mengganggu kelancaran operasi bisnis dan menyebabkan kerugian finansial.


Dalam konteks perdagangan/ritel, resiko operasional bisa timbul dari hal-hal seperti pencurian barang, kesalahan dalam proses pembayaran, ketidakseimbangan stok, atau bahkan gangguan teknologi yang mengganggu transaksi dan layanan pelanggan. Manajemen resiko operasional penting untuk meminimalkan dampak negatifnya pada bisnis dan memastikan kelancaran operasional yang efisien.


Manajemen risiko operasional di bidang perdagangan/ritel adalah proses mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko yang terkait dengan operasi sehari-hari perusahaan. Ini mencakup risiko-risiko yang mungkin terjadi dalam aktivitas operasional seperti pengadaan barang, penyimpanan, distribusi, layanan pelanggan, dan manajemen inventaris.

Tantangan dan peluang dalam manajemen risiko untuk ritel berskala besar terdiri dari beberapa aspek yang mempengaruhi operasional bisnis ritel.

Berikut beberapa tantangan dan peluang yang dapat dihadapi:

TANTANGAN
1.Tantangan Informasi

Terkadang sulit untuk mendapatkan informasi yang akurat dan memadai untuk melakukan penilaian risiko. Dalam ritel berskala besar, informasi yang akurat dan tepat waktu sangat penting untuk mengidentifikasi risiko dan mengembangkan strategi yang efektif.

2.Tantangan Komunikasi

Komunikasi yang buruk antara berbagai pihak yang terlibat dalam manajemen risiko dapat mengakibatkan kesalahpahaman dan ketidakberhasilan dalam mengendalikan risiko. Dalam ritel berskala besar, komunikasi yang efektif antara manajemen, karyawan, dan pelanggan sangat penting untuk mengurangi risiko dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

3.Tantangan Sumber Daya

Terbatasnya sumber daya yang tersedia untuk melaksanakan strategi pengendalian risiko dapat menjadi kendala yang serius. Dalam ritel berskala besar, manajemen risiko harus memastikan bahwa sumber daya yang tersedia digunakan secara efektif dan efisien untuk mengurangi risiko.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun