Mohon tunggu...
KEVIN PRATAMA
KEVIN PRATAMA Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG

mahasiswa sarjana 1 universitas negeri islam negeri malang jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Faktor Eksternal dan Pengaruhnya terhadap Cara Belajar Siswa

20 Oktober 2023   14:30 Diperbarui: 20 Oktober 2023   14:41 731
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Proses Belajar

Kita sebagai makhluk hidup ciptaan tuhan pasti akan mengalami atau merasakan proses mengenal dunia atau hal hal baru yang mungkin ketahui sejak lahir dari kandungan ibu, proses itu disebut "belajar". pada dasarnya manusia pasti akan membutuhkan Belajar, karena pola pikir manusia yang harus berkembang dan mengikuti pola perkembangan zaman agar Manusia tidak tertinggal oleh zaman, Belajar adalah proses manusia mengenal atau beradaptasi dengan hal hal baru yang baik dari mereka yang sudah ketahui maupun belum diketahui. 

Tujuan utama pembelajaran adalah menambah pengetahuan dan memperbaiki cara berpikir. Tujuan pembelajaran adalah pengembangan keterampilan sosial. Secara umum, tujuan belajar adalah :

  •  1. Mengembangkan kemampuan berpikir 
  • 2. Mengembangkan kecerdasan 
  • 3. Pelatihan kemandirian 
  • 4. Beradaptasi 
  • 5. Pengolahan data

Faktor Utama yang mempengaruhi Proses Belajar manusia ada dua faktor yakni faktor Internal dan Faktor Eksternal, Dalam artikel ini akan fokus membahas mengenai Faktor Eksternal, faktor Eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar individu 

(dari luar siswa)

Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Belajar Peserta Didik Faktor Eksternal Faktor-faktor eksternal, yaitu faktor dari luar diri anak yang ikut mempengaruhi belajar anak, yang antara lain berasal dari orang tua, sekolah, dan masyarakat. Berikut adalah Faktor ekternalnya:  

  • 1). Faktor yang berasal dari orang tua. Faktor yang berasal dari orang tua utamanya adalah cara mendidik orang tua terhadap anaknya. Orang tua juga selalu memperhatikan anak selama belajar baik langsung maupun tidak langsung, dan memberikan arahan-arahan manakala akan melakukan tindakan yang kurang tertib dalam belajar. Di dalam pergaulan di lingkungan keluarga hendaknya berubah menjadi situasi pendidikan, yaitu bila orang tua memperhatikan anak, misalnya anak ditegur dan diberi pujian...." Pendek kata, motivasi, perhatian, dan kepedulian orang tua akan memberikan semangat untuk belajar bagi anak. 
  • 2). Faktor yang berasal dari sekolah. Faktor yang berasal dari sekolah, dapat berasal dari guru, lingkungan sekolah dan mata pelajaran yang dijalaninya. Guru bisa jadi menjadi faktor anak tidak semangat dalam belajar, seperti dalam sikap dan kepribadian guru dalam mengajarnya. Hal ini tidak jarang kita temui sebagai pelajar yang menemukan guru yang tidak professional dalam mengajar, seperti guru jarang masuk kelas tanpa alasan yang jelas. Sementara siswa membutuhkan pengajaran dan bimbingan agar proses belajar mengajar bisa berlangsung 
  • 3). Faktor yang berasal dari masyarakat. Faktor masyarakat bahkan sangat kuat pengaruhnya terhadap pendidikan anak. Pengaruh masyarakat bahkan sulit dikendalikan. Mendukung atau tidak mendukung perkembangan anak, masyarakat juga ikut mempengaruhi. Selain itu masih terdapat faktor penghambat prestasi belajar yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar diri siswa. Faktor dari dalam yaitu kesehatan, kecerdasan, perhatian, minat dan bakat. Sedangkan faktor dari luar diri siswa yaitu keluarga , sekolah, disiplin yang diterapkan di sekolah, masyarakat, lingkungan tetangga, dan aktivitas organisasi. 

Jadi Kesimpulannya Faktor eksternal siswa adalah ialah faktor yang datang/bersumber dari luar diri siswa yang mempengaruhi proses belajar seorang siswa. Faktor ekternal dibagi menjadi 2, yaitu faktor eksternal sosial dan faktor eksternal nonsosial. Faktor ekternal sosial seperti keluarga, sekolah dan masyarakat sedangkan faktor eksternal nonsosial contohnya adalah gedung sekolah dan letaknya, rumah tempat tinggal keluarga siswa dan letaknya, alat-alat belajar, keadaan cuaca, dan waktu belajar yang digunakan siswa. Faktor-faktor eksternal ini sangat berpengaruh terhadap proses belajar siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun